Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Custom Yamaha XSR 155 Infinite Dirtbike

Kompas.com - 23/02/2022, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang kompetisi modifikasi Yamaha Yard Built Indonesia kembali digelar. Kali ini mengajak empat builder kenamaan dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Salah satu peserta Yamaha Yard Built kali ini ialah Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle. Builder asal Solo, Jawa Tengah ini mengangkat desain “Infinite Dirtbike” untuk modifikasi motor XSR 155.

Baca juga: Polisi Tegaskan Lagi Kendaraan Pelat Dewa Dilarang Pakai Strobo dan Sirine

Ricky merupakan builder keempat bengkel yang ikut Yamaha Yard Built Indonesia kali ini. Setelah Jandro dari Disaster 13 membuat chooper, Hendra dari Pap N Mam Modified yang membuat flat track, dan Wendy dari W Bike Kustom dengan konsep fun adventure.

Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle.Foto: Yamaha Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle.

Desain Ricky khas sebagai motor garuk tanah. Dia mengaku memang mengambil konsep dari dirt bike jadul era 80'an yang kemudian dikembangkan sesuai dengan pakem custom saat ini.

”Desain awalnya ini dirtbike, referensinya dari model motor cross tahun ’80-an yang era look motornya masih klasik tapi beberapa fiturnya modern. Jadi masih nyambung dengan XSR 155 yang kami ingin ambil sentuhan retronya namun memiliki fitur modern," katanya dalam rilis resmi, Rabu (23/2/2022).

Ricky mengatakan ingin tampilan motor yang simpel karena memang ditujukan untuk daily use. Sesuai target market bengkelnya yang menginginkan motor untuk aktivitas harian.

Baca juga: Ini Trik Sederhana Agar Ban Mobil Tidak Masuk Got Saat Mepet Kiri

"Jadi, lebih ditekankan pada fungsional untuk kendaraan harian dengan detail-detail rapi pada bagian motor namun dibuat tidak begitu menonjol," katanya.

"Hasilnya terlihat seperti motor keluaran pabrikan namun memiliki sentuhan berbeda," katanya.

Dalam pengaplikasian desain ada penyesuaian di bagian tangki, diperkuat model klasiknya di bodi belakang dan fender depan belakang dengan menampilkan lekukan minimalis dan bulat.

"Jadi, kami memadukan model modern dan klasik,” kata Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com