Kompas.com - 23/02/2022, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor resmi memasarkan Volkswagen (VW) T-Cross di Indonesia. Peluncuran produk SUV Compact Premium tersebut dilakukan secara virtual pada Rabu (23/2/2022).

VW T-Cross hadir di Indonesia dan mengklaim membuka segmen kendaraan baru, yakni SUV Compact Premium. Jika dilihat secara dimensinya, T-Cross memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari Toyota Raize namun lebih kecil dari Hyundai Creta.

Lebih detail, VW T-Cross punya panjang 4,221 meter, lebar 1,760 meter, dan tinggi 1,612 meter. Namun T-Cross punya wheelbase yang lebih panjang dari Raize dan Creta, yakni 2,651 meter.

Baca juga: VW T-Cross Resmi Hadir di Indonesia, Harganya Rp 488 Juta

VW T-Cross resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 488 juta OTR JakartaDOK. GARUDA MATARAM MOTOR VW T-Cross resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 488 juta OTR Jakarta

Wheelbase yang lebih panjang ini menjadikan T-Cross punya kabin yang lega dan leluasa. Apalagi ditambah dengan adanya sun roof di bagian atap sehingga menambah kesan lega.

Soal eksteriornya, VW T-Cross dilengkapi dengan lampu yang sudah LED, baik di depan, belakang, sampai fog lamp. Bahkan di bagian depannya, ada lampu yang turut menyorot ke arah mobil akan berbelok.

Begitu juga di bagian belakang, lampu yang digunakan disebut sebagai Infinity LED. Desain dari bagian belakang ini memanjang dari sisi kiri ke kanan yang menambah kesan lebar jika dilihat dari belakang.

Baca juga: Protes Aturan ODOL, Ribuan Sopir Truk Demonstrasi di Surabaya

Masuk ke bagian kabin, T-Cross dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan untuk penumpang, yakni ventilated seat untuk dua bangku depan. Selain itu, terdapat juga ambient light berwarna putih yang menerangi kabin ketika mengemudi di malam hari.

Kemudian, pengemudi dimanjakan dengan instrument cluster yang sudah full digital berukuran 8 inci. Apalagi untuk sistem hibutannya sudah berukuran 10 inci, layar sentuh dan punya konektivitas ke smartphone.

Berbicara soal bagasi, VW T-Cross menawarkan ruang yang lega, yakni 385 liter dan bisa diperbesar dengan melipat bangku belakang. Tentu saja ini cocok untuk orang yang ingin membawa banyak barang saat bepergian atau piknik.

Sun roof VW T-Cross resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 488 juta OTR JakartaDOK. GARUDA MATARAM MOTOR Sun roof VW T-Cross resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 488 juta OTR Jakarta

Soal mesin, VW hanya menawarkan satu pilihan, yakni 1.000 cc tiga silinder dengan turbo. Hasilnya, mesin mungil tersebut menghasilkan tenaga 115 PS atau setara 113 TK di 5.000 rpm - 5.500 rpm dan torsi 178 Nm di 1.750 rpm - 4.500 rpm.

Tenaga dan torsi yang besar tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan paddle shift.

VW T-Cross yang hadir di Indonesia dibanderol Rp 488 juta dan sudah bisa dipesan. Tersedia enam pilihan warna yakni Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.