Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Xpander Sport CVT, Cek Biaya Servis Berkala sampai 100.000 Km

Kompas.com - 23/02/2022, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang tertarik dengan Xpander Sport CVT, sebelum meminang baiknya melihat dulu rincian biaya perawatannya. Hal ini bisa jadi patokan persiapan dana yang harus dikeluarkan ketika memutuskan "memelihara" low multi purpose vehicle (LMPV) keluaran Mitsubishi tersebut.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com dapat, ternyata Mitsubishi memberikan keringan bagi calon konsumen melalui program Smart Package yang mengratiskan biaya perawatan, baik jasa atau komponen, untuk 50.000 kilometer (Km) pertama.

Artinya, selama pemakaian hingga 50.000 Km, atau biasa diasumsikan sekitar 2,5 tahun pemakaian, konsumen hanya perlu mengisi bahan bakar saja. Karena untuk biaya perawatan berkala tiap kelipatan 10.000 Km di bengkel resmi sudah ditanggung.

Baca juga: Daftar Harga MPV Murah yang Dapat Insentif PPnBM 2022

Tapi perlu diingat, yang gratis hanya beberapa komponen yang memang biasa diganti ketika melakukan servis berkala seperti oli mesin, filter oli, busi, air cleaner, gasket oli mesin, oli CVT dan manual, serta fuel filter. Sementara untuk kampas rem tidak masuk hitungan.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Memasuki jarak tempuh 60.000 Km, konsumen baru dikenakan biaya. Untuk pergantian partnya meliputi oli mesin, gasket oli, filter oli, filter AC, fuel filter, dan brake cleaner, yang besaranya mencapai Rp 2.252.015 belum termasuk dengan ongkos jasa servisnya.

Perawatan berikutnya, yakni di 70.000 Km, total dana yang harus disiapkan konsumen Xpander CVT jauh lebih murah, yakni hanya Rp 638.500 belum termasuk biaya jasa. Untuk pergantian part meliputi oli mesin, gasket oli, filter oli dan filter AC.

Ketika jarak tempuh mobil mencapai 80.000 Km, biaya perawatan yang dikeluarkan untuk pergantian komponen kembali naik menjadi Rp 919.167. Lalu selanjutnya turun lagi menjadi Rp 638.500 saat memasuki masa servis 90.000 Km dengan rincian pergantian yang sama seperti pada 70.000 Km.

Selanjutnya, ketika jarak tempuh mobil menyentuh 100.000 Km, atau biasanya ketika usia pemakaian mobil menginjak 4,5 sampai 5 tahun, biaya perawatan yang harus dikeluarkan melonjak hingga Rp 2.583.775 lantaran pergantian komponen yang lebih banyak.

Baca juga: Impresi Berkendara Xpander Sport, Lebih Smooth dengan CVT

Bila ditotal, ongkos perawatan berkala untuk Xpander Sport CVT dari 60.000 Km sampai 100.000 Km, yang harus disiapkan pemilik sebesar Rp 7.304.957. Atau bila dibagi per bulan dengan asumsi pemakaian sampai 5 tahun, dana yang harus disiapkan pemilik sekitar Rp 121.750.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Total biaya tersebut hanya untuk pergantian komponen saja, belum termasuk dengan ongkos jasa yang mungkin pada tiap wilayah besarannya bisa berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com