Tambah Perangkat Baru di Motor MotoGP Bisa Ganggu Konsentrasi Pebalap?

Kompas.com - 22/02/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pro dan kontra soal perangkat baru Ducati masih terus berlanjut. Dengan adanya perangkat ini, Desmosedici GP22 sekarang semakin kompleks untuk dikendarai.

Saat pebalap berada di atas motornya, terkadang masih harus memencet tombol untuk mengubah Mapping pada Electronic Control Unit (ECU).

Baca juga: Bagnaia Amankan Posisi di Ducati hingga 2024

Lalu, Ducati juga yang menciptakan Holeshot Device, di mana pebalap harus mengaktifkannya secara manual untuk membuat suspensi belakang jadi turun.

Ducati Desmosedici GP22Dok. Ducati Ducati Desmosedici GP22

Inovasi tersebut berkembang menjadi Rear Ride Height Device. Perangkat tersebut bisa digunakan di tengah balapan, tepatnya saat menikung. Sehingga, suspensi belakang jadi turun saat motor keluar tikungan.

Perangkat tersebut berguna untuk mengurangi risiko motor melakukan wheelie. Sehingga, traksi tetap terjaga dan akselerasi pun juga tetap maksimal.

Baca juga: Polemik Perangkat Suspensi Depan Ducati, Keputusannya di GP Qatar

Sekarang, Ducati juga memperkenalkan Front Ride Height Device. Perangkat ini untuk menurunkan suspensi depan secara manual dengan tujuan yang sama seperti Rear Ride Height Device.

Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Dengan banyaknya perangkat yang harus digunakan pebalap, banyak yang menyebutkan bahwa risiko pebalap kehilangan konsentrasi juga dapat meningkat.

Salah satunya adalah Aleix Espargaro yang lebih memilih sedikit perangkat pada motornya. Menurutnya, perhatian jadi lebih tertuju pada perangkat, bukan pada saat membalap.

"Saya tidak akan bilang ini tidak aman, tapi jelas ini tidak menambah keamanan. Sebab, Anda harus melakukan banyak hal ketika berakselerasi," ujar Aleix, dikutip dari Speedweek.com, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Berapa Lama Masa Pakai Baterai Motor Listrik?

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Aleix menambahkan, sekarang Ducati juga menambahkan perangkat untuk bagian depan. Jika semuanya memiliki perangkat itu, maka Anda juga membutuhkannya, karena itu mengubah traksi, kecenderungan wheelie, dan aerodinamika.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.