Jalan Licin karena Tanah, Pengendara Motor Bawa Ayam Jatuh Terpeleset

Kompas.com - 22/02/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pengendara sepeda motor jatuh karena jalan licin. Pengendara tersebut jatuh karena kondisi jalan licin akibat tanah berceceran dari aktivitas truk pengangkut.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Jakarta Terkini, terlihat pengendara motor ialah ibu-ibu yang mengangkut barang dagangan berupa ayam potong, sedang dibantu beberapa pria.

Baca juga: Perawatan Daihatsu Xenia CVT dan Manual, Mana yang Lebih Ekonomis?

Kejadian pengendara motor terpeleset karena jalan licin bukan sekali-dua kali terjadi. Jalan licin karena tanah, pasir, atau ceceran oli merupakan momok dan membuat banyak pengendara motor terjatuh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, menjelaskan, kondisi jalan licin adalah ujian buat pengendara motor. Karena itu, mesti berhati-hati.

"Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat obyek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus.

Jangan menggunakan rem depan, apalagi secara mendadak. Sebab, penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

Baca juga: Rapor 5 Tahun Wuling di Indonesia Versi Konsumen

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal, tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.