Kementerian ESDM Bakal Fasilitasi Konversi Motor BBM ke Listrik

Kompas.com - 14/02/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pasang target konversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi bertenaga listrik sebanyak 1.000 unit di 2022.

Hal tersebut dilakkan demi mengakselerasi strategi menuju Net Zero Emission pada 2060, bahkan diusahakan lebih cepat.

Dadan Kusdiana, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, menyatakan bahwa pihaknya bakal memfasilitasi masyarakat yang hendak melakukan konversi sepeda motor konvensional menjadi motor listrik.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Konversi motor bensin ke motor listrikDok. Kementerian ESDM Konversi motor bensin ke motor listrik

Terlebih Balitbang Kementerian ESDM sudah memegang cetak biru rancangan konversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik.

"Kalau tertarik bisa saya fasilitasi bagaimana mengonversi motor fosil ke listrik, kebetulan di Balitbang (ESDM) punya blueprint," kata Dadan, seperti dikutip dari keterangan resminya, Minggu (13/2/2022).

Ia menuturkan, guna membangun ekosistem konversi sepeda motor listrik yang berkelanjutan, dibutuhkan dua hal utama yakni pembangunan bengkel dan industri komponen. Apabila program ini dijalankan dengan optimal, maka akan menekan emisi gas buang dan biaya energi.

Baca juga: Curhatan Seorang Pria Gagal Ujian Praktik SIM C pada Jalur Zig-zag

Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda AstreaKompas.com/Donny Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda Astrea

"Saya sudah menghitung kira-kira biaya energinya itu hanya sepersepuluh dari biaya sekarang. Misal kita mengeluarkan uang untuk beli BBM Rp 10.000, nanti (biaya energi motor listrik) bisa Rp 1.000 saja," ujar Dadan.

Sementara untuk biaya konversi sepeda motor, Dadan menyebutkan di kisaran Rp 10 juta per unit yang dikonversi. Ia menjelaskan, motor listrik hasil konversi tersebut memiliki spesifikasi senilai Rp 20 jutaan.

Sebagai informasi, pada 2021 Kementerian ESDM menyelesaikan konversi sepeda motor sebanyak 100 unit. Target yang lebih besar sudah dipasang. Diperkirakan pada 2030, sudah dilakukan konversi sepeda motor sebanyak 13 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.