Pasang Decal di Motor, Bisa Tahan Berapa Lama?

Kompas.com - 14/02/2022, 09:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara yang mudah dan relatif murah untuk mengubah tampilan motor sesuai dengan karakter pengendara adalah menggunakan guntingan stiker atau yang biasa dikenal dengan decal.

Namun sayangnya, tak sedikit dari pemilik motor yang paham bagaimana seharusnya memperlakukan decal pada bodi motor.

Owner Rey Decal & Painting di Bekasi Reynalto Priyanto mengatakan, jika berpatok pada bahan stiker sebenarnya bisa menempel pada motor sekitar empat sampai lima tahun.

Baca juga: Sudah Jarang yang Pakai Stiker Norak buat Kendaraan

“Tetapi kalau untuk pemakaian, optimalnya dua sampai tiga tahun, tergantung pemakaian. Kalau motornya dipakai harian, sering kena hujan dan panas sebaiknya dua tahun maksimalnya dilepas saja,” ucap pria yang akrab disapa Rey saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/2/2022).

Sebab, menurut Rey, jika sudah lebih dari dua tahun biasanya residu dari lem akan tertinggal kalau dilepas.

Decal sebaiknya digunakan tidak lebih dari 2 tahun.Donnyantoro Decal sebaiknya digunakan tidak lebih dari 2 tahun.

“Walaupun ada fitur free residu, tapi kalau motor itu dipakai harian dan digeber terus pasti akan tinggal juga (sisa lemnya),” kata Rey.

Rey mengatakan, hal tersebut berlaku untuk semua merek decal yang ada di pasar. Menurutnya, waktu 2 tahun itu adalah jangka waktu pemakaian decal atau stiker yang disarankan.

Baca juga: Ingat Tekanan Udara Ban Standar Mobil, Lihat Stiker Keterangannya

Sementara untuk perawatan decal, sebetulnya melakukan cuci motor secara normal jadi solusi paling lazim. Namun, hindari semprotan air bertekanan tinggi, karena jika mengenai permukaan decal bisa terlepas dari bodi.

“Perawatannya mudah, tidak ada treatment khusus, yang penting jangan dipakai panas-panasan terus dan hujan-hujanan. Pokoknya pakai normal saja,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.