Impresi Fitur ASA yang Bikin All New Xenia Tak Lagi Minder

Kompas.com - 14/02/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu menghadirkan pembaruan generasi ketiga Xenia tak sekadar dari tampilan dan interior saja, tapi juga dari sisi fitur-fitur yang membuat MPV sejuta umat ini makin naik kelas. Apalagi bila dibanding versi sebelumnya.

Ketika redaksi mendapat kesempatan untuk melakukan test drive, selain merasakan sensasi berkendara juga sekaligus menjajal teknologi keselamatan aktif yang ada pada varian tertinggi Xenia, yakni Advance Safety Assist (ASA).

Total ada enam fitur ASA yang disematkan Daihatsu pada Xenia terbaru, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Kupas Transformasi Desain All New Xenia

Sekilas memang sama dengan saudaranya yang mengusung Toyota Safety Sense (TSS), termasuk cara kerja yang menggunakan sensor. Bedanya, Xenia tak memiliki Blind Spot Monitoring Assist dan Rear Crossing Traffic Alert. Padahal kedua fitur tersebut juga cukup penting.

Fitur LDW pada Daihatsu Xenia 1.500 cc ASAKOMPAS.com/Adityo Wisnu Fitur LDW pada Daihatsu Xenia 1.500 cc ASA

Untuk garis besarnya, Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking memiliki fungsi untuk membantu pengemudi melakukan pengereman otomatis saat akan terjadi tabrakan dari depan.

Namun ketika redaksi sempat menjajal fitur ini, memang pengereman yang dilakukan cukup mengagetkan, karena bekerja secara sontak layaknya ketika hard braking.

Sama dengan saudaranya, keberadaan Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention pada Xenia baru juga cukup membantu pengendara untuk tetap waspada. Fitur ini memiliki fungsi menjaga mobil untuk tetap berada pada jalurnya.

Ketika berkendara ban menginjak marka garis jalan, secara otomatis fitur ini akan memberikan peringatan sampai mengoreksi kemudi yang ditandai dengan putaran setir terasa berat.

Baca juga: Sensasi Kenyamanan Baru Daihatsu Xenia yang Naik Kelas

 

 

Selama pengujian yang redaksi lakukan, fitur ini bekerja cukup baik, namun memang lebih sensitif ketika di jalan tol.

Untuk Pedal Misoperation Control sama dengan Avanza yang berguna mencegah terjadinya kecelakaan karena pengemudi salah menginjak pedal gas. Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi tembok atau halangan via kemera driver assist.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.