Mitos atau Fakta, Simpan Ponsel di Bagasi Motor Bikin Kebakaran?

Kompas.com - 14/02/2022, 06:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna menunjang aktivitas sehari-hari dan keperluan berkendara, motor-motor keluaran baru telah dilengkapi bagasi yang memadai di bawah jok. Biasanya motor jenis skutik atau bebek, punya bagasi yang cukup lapang buat barang-barang.

Tak jarang pemilik motor menaruh berbagai jenis keperluan di kompartemen tersebut. Mulai dari jas hujan, tool kit, sarung tangan, lap chamois, hingga barang elektronik seperti ponsel, power bank, dan sebagainya.

Namun dengan kondisi bagasi yang panas dan minim sirkulasi udara, apakah menyimpan barang di lokasi tersebut cukup aman?

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.Donny Apriliananda Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.

Menanggapi hal ini, Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti ponsel atau powerbank.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," ujar Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Endro, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Jalan Raya DI Panjaitan Jakarta Timur mengalami kemacetan akibat sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan untuk menyaksikan sepeda motor yang terbakar akibat korsleting listrik, Jumat (28/8/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim Jalan Raya DI Panjaitan Jakarta Timur mengalami kemacetan akibat sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan untuk menyaksikan sepeda motor yang terbakar akibat korsleting listrik, Jumat (28/8/2020).

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur," ucap Endro.

"Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.