Tips Pilih Jas Hujan yang Aman, Pakai Warna Terang

Kompas.com - 29/01/2022, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang cukup tinggi masih kerap ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan pada kasus tertentu, kondisi terkait disertai dengan angin kencang.

Bagi para pengendara sepeda motor, wajib hukumnya untuk persiapkan jas hujan agar tidak terkendala. Namun dalam memilih jas hujan, harus benar-benar diperhatikan agar berfungsi secara baik.

Menurut Asst to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, salah satunya hindari penggunaan jas hujan model ponco. Gunakan jas hujan setelan supaya meningkatkan keselamatan.

Baca juga: Catat, Tips Hadapi Modus Penipuan Berkedok Tabrak Lari

Ilustrasi jas hujan. FREEPIK/DROBOTDEAN Ilustrasi jas hujan.

Sebab jas hujan model ponco yang sepertit jubah dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor. Selain itu, jas ponco jugat tidak efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan karena mudah berkibar.

"Kemudian pastikan jas hujan pas dan nyaman dipakai. Jangan terlalu besar atau kecil supaya mengindari tersangkutnya beberapa bagian di roda," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (29/1/2022).

"Sementara bila jas hujan terlalu kecil membuat ruang gerak jadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terbaan air hujan," lanjut Hariadi.

Adapun bahan kualitas jas hujan, disarankan ialah coating glossy atau bahan bening yan anti embun seperti jas hujan dari Polyninyl chloride (PVC). Hal ini supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak.

Baca juga: Musim Hujan, Jangan Gunakan Jas Hujan Ponco saat Berkendara Motor

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Terakhir, ialah pilihlah jas hujan dengan warna terang atau mencolok. Sehingga membantu pengendara lain melihat keberadaan Anda, terutama saat malam hari.

"Pilihan warna jas hujan yang terdang dapat membantu keselamatan pengendara di perjalanan. Pilihan warna yang dapat digunakan seperti hijau, kuning, oranye, atau merah menyala. Lebih baik lagi bila sudah ada reflector-nya," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.