Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Saat Hujan dan Angin Kencang

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi cuaca di Indonesia memang sedang tidak menentu. Kadang ketika pagi sampai siang panas terik, namun saat masuk sore, hujan badai serta angin kencang turun.

Kondisi cuaca seperti hujan angin tentu memengaruhi cara mengemudi. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun zulfantriadji di Tiktok, terliha kendaraan sedang berjalan di Jalan Tol Surabaya-Probolinggo.

Berdasarkan komentar di unggahan tersebut, kejadiannya berlangsung pada hari Senin (31/1/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Terlihat pada video tersebut, mobil sedang berjalan di bawah hujan dengan angin yang kencang.

Angin kencang ini bisa terlihat dari dedaunan dan ranting yang terbang hingga masuk ke jalan tol. Lalu bagaimana tips mengemudi ketika menemui kondisi cuaca seperti ini?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan pengemudi adalah mengurangi kecepatan kendaraan.

“Bila kita terlalu cepat, bisa saja mobil jadi kurang stabil karena terdorong angin. Kemudian, pastikan kita menyalakan lampu utama agar orang lain dapat melihat keberadaan kita,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Dengan menyalakan lampu utama, lampu belakang turut menyala merah, sehingga kendaraan lain jadi lebih waspada. Kemudian, usahakan jangan berhenti di tengah jalan tol, sebaiknya di tempat aman seperti rest area.

“Banyak juga kejadian mobil yang berhenti di bahu jalan tertabrak mobil lain yang mendahului dari kiri. Apa lagi dalam kondisi hujan angin yang menyebabkan visibilitas menurun, jadi risikonya meningkat,” kata Marcell.

Terakhir, jangan panik, tetap tenang dan di dalam mobil. Kalau keluar mobil, pengemudi bisa terkena ranting atau barang yang berterbangan yang bisa membahayakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/140100715/bahaya-mengemudi-di-jalan-tol-saat-hujan-dan-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke