Kompas.com - 02/02/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan kedua di 2022, ternyata banderol mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), kembali mengalami perubahan di banding awal Januari lalu.

Dari pantauan redaksi, Toyota dan Honda sudah melakukan revisi dengan menaikan harga produk LCGC. Artinya, harga Brio Satra, Toyota Calya dan Agya, kini lebih mahal dari bulan lalu.

Sementara untuk Daihatsu, justru kebalikannya. Semenjak ada pengumuman dari pemerintah bahwa LCGC mendapat diskon 0 persen pada kurtal awal 2022, banderolnya langsung dipangkas.

Baca juga: Sah, Daihatsu Mulai Turunkan Harga Ayla dan Sigra

Harga Ayla tipe terendah yang sebelumnya dipasarkan Rp 107,6 juta turun menjadi Rp 105,8 juta. Sementara untuk Sigra tipe tertinggi, dari Rp 169,2 juta anjlok menjadi Rp 165,9 juta.

Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2LDonny A/KompasOtomotif Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L

Beda dengan Toyota, banderol Agya varian bawah yang sebelumnya dijual Rp 149,2 juta, mengalami kenaikan hingga Rp 3,5 juta yang membuat harganya menjadi Rp 153,1 juta.

Demikian juga untuk model LCGC tujuh penumpangnya, yakni Calya. Harga varian tertingi menjadi Rp 170,6 juta dari sebelumnya hanya dipasarkan Rp 167,49 juta.

Untuk Honda, mengerek harga Brio Satya tipe terbawah dari sebelumnya Rp 153,4 juta menjadi Rp 156,9 juta. Untuk varian tertinggi bertransmisi CVT, dari sebelumnya hanya Rp 177,4 juta, kini menjadi Rp 184,9 juta.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, meski pemerintah sudah memberikan lampu hijau diskon PPnBM LCGC, tapi pihaknya memilih menunggu aturan reseminya.

Baca juga: Harmonisasi Tarif PPnBM, Harga SUV Eropa Mepet dengan Jepang

Toyota Agya di GIIAS 2021KOMPAS.com/Dio Toyota Agya di GIIAS 2021

"Harga kami di website masih menggunakan pajak LCEV sebesar 3 persen untuk yang LCGC. Terkait PPnBM DTP LCGC, kami masih menunggu dikeluarkannya juknis lebih dulu dari kementerian terkait, bila sudah nantinya pasti ada penyesuaian mengikuti aturan," ujar Billy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Berikut daftar harga LCGC pada Februari 2022 :

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.