Harmonisasi Tarif PPnBM, Harga SUV Eropa Mepet dengan Jepang

Kompas.com - 31/01/2022, 19:49 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh agen pemegang merek kendaraan bermotor di Indonesia telah melakukan penyesuaian harga terhadap produk yang ditawarkannya ke pasaran sesaat memasuki tahun 2022.

Kenaikan harga tersebut dilandasi berbagai faktor, seperti kenaikan tarif pajak daerah, habis masa berlaku insentif PPnBM di 31 Desember 2021, dan berlakunya harmonisasi PPnBM berdasarkan emisi.

Marketing and Finance Head Astra Peugeot, Fajar Tjendikia menyatakan, hal tersebut akan cukup menarik karena sedikit banyak akan mengubah peta persaingan industri otomotif nasional.

Baca juga: Peugeot 2008 Makin Dekat ke Indonesia

Honda CR-V facelift 1.5L Turbo PrestigeKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige

Sebab berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2019, besaran minimum tarif pengenaan PPnBM ialah 15 persen. Sementara di aturan sebelumnya yaitu PP 41/2013 ialah dari 10 persen.

"Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2019, penentuan tarif PPnBM tidak lagi berdasar kapasitas mesin, tipe, maupun penggeraknya tapi konsumsi BBM atau kadar emisi CO2," kata dia kepada Kompas.com, Senin (31/1/2021).

"Sebelumnya di PP 41/2013 berdasarkan kapasitas mesin, mobil 1.500 cc ke bawah itu 10 persen PPnBM-nya. Akibatnya, harga jual mobil-mobil di luar "sejuta umat" terkoreksi naik tapi beberapa model tetap," lanjut Fajar.

Salah satu mobil yang mengalami perubahan harga ialah pada segmen sport utility vehicle (SUV) menengah ke atas atau Rp 500 jutaan seperti Honda CR-V dan Peugeot 3008.

Menurut perhitungannya, saat ini harga jual dari mobil premium seperti Peugeot sudah sangat kompetitif karena mepet dengan pesaingnya yang berasal dari Jepang imbas harmonisasi PPnBM.

Baca juga: PPnBM Berdasarkan Emisi, Sinyal Pemerintah Menuju Era Elektrifikasi

Test drive Peugeot 5008 dan 3008Peugeot Test drive Peugeot 5008 dan 3008

Adapun ilustrasinya ialah sebagai berikut;

New Honda CR-V (1.500 cc)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.