Kawasan Lautan Pasir Bromo Masih Bebas Kendaraan Hari Ini

Kompas.com - 02/02/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih berlakukan bebas kendaraan bermotor hari ini, Rabu (2/2/2022).

Keputusan tersebut dilakukan untuk menghormati adat serta budaya masyarakat Tengger dalam rangka Wulan Kapitu. Kendaraan dibolehkan kembali melintas ke wilayah terkait pada pukul 18.00 WIB.

"Pada periode waktu ini, kendaraan bermotor hanya diperkenankan melintas sampai beberapa titik saja, kecuali untuk kedaruratan," ujar Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Novita Kusuma Wardani, mengutip Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

Bromo dari Pertigaan Jemplang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bromo dari Pertigaan Jemplang.

Beberapa rincian daerah yang boleh dilewati adalah dari arah Pasuruan batas maksimal di Pakis Kincil.

Lalu, arah Probolinggo batasnya sampai Cemorolawang. Sementara dari arah Malang dan Lumajang, batas maksimal sampai Jemplang.

Wisatawan tetap bisa ke berkunjung ke sana. Namun, di luar dari titik-titik tersebut, wisatawan dipersilakan untuk berjalan kaki, menyewa tandu, atau naik kuda.

Adapun payung hukum atas pembatasan kendaraan motor ini berdasar surat yang dikeluarkan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo pada 14 Desember 2021, perihal Pembatasan Kunjungan Wisata Alam dan Kegiatan Masyarakat saat Wulan Kapitu.

Baca juga: Motor Ini Jatuh Rebah karena Bawa Barang Berlebihan

Pemandangan matahari terbit di Bukit Cinta.Indonesia Travel Pemandangan matahari terbit di Bukit Cinta.

Walau ada pembatasan bagi kendaraan bermotor, Kepala Sub-Bagian Data, Evaluasi, dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Sarif Hidayat menyebutkan bahwa kawasan wisata Bromo akan tetap beroperasi.

"Kawasan wisata Bromo masih dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung yaitu maksimal 25 persen dari total dari tampung, sekitar 734 kuota wisatawan per hari," kata Sarif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.