Ampuhkah Lotion Lindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing?

Kompas.com - 30/01/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Merawat jok sepeda motor merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik motor. Begitu pula dengan menjaga jok motor agar terhindar dari cakaran kucing.

Salah satu tips atau kiat yang kerap beredar, lotion yang dioleskan pada jok motor dapat mencegah kebiasaan kucing mencakar jok.

Namun, Drh. Nurul Hafsari dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan, hingga saat ini belum dapat memastikan cara tersebut efektif atau tidak.

Baca juga: Bukan Cuma Uji Guling, Ini Standar Keselamatan Bus Lainnya

“Saya belum tahu kalau lotion bisa mencegah kucing mencakar jok motor . Tapi kalau tujuannya untuk membuat jok motor licin mungkin bisa. Kucing tidak menyukai tekstur licin untuk di cakar,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Jadi, jika lotion difungsikan agar jok motor lebih licin ada kemungkinan membuat kucing tidak menyukai jok tersebut.

Ditambah lagi, apakah lotion yang digunakan adalah lotion yang biasa orang pakai ataukah memerlukan lotion khusus.

Lotion khusus adalah lotion yang memiliki komposisi bahan yang tidak kucing sukai. Oleh karena itu, dugaan lainnya bau atau aroma dari lotion yang diolesi di jok motor tidak disukai kucing.

Ilustrasi ras kucing Egyptian Mau.SHUTTERSTOCK/SARAH FIELDS PHOTOGRAPHY Ilustrasi ras kucing Egyptian Mau.

Prinsipnya lotion ini seperti cairan semprotan anti-kucing yang banyak di jual di pasaran.

Produk tersebut mengandung bahan yang tidak disukai kucing, sehingga kucing akan menghidari objek yang telah disemprot.

Hanya saja saat ini belum ada penelitian yang pasti apakah lotion ampuh melindungi jok motor dari cakaran kucing. Jika memang efektif, menurut Nurul cara ini tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Jok Motor

“Hal itu karena lotion akan menguap atau mengering. Maka, pemilik motor harus mengoleskan lotion berulang pada jok motornya,” imbuh Nurul.

Tidak ada larangan atau himbauan penggunaan lotion untuk mencegah kucing mencakar jok.

Meskipun lotion mengandung bahan yang tidak disukai kucing, bila kandungannya aman, cara ini boleh di terapkan di jok motor. Aman yang dimaksud adalah tidak membahayakan kesehatan dan nyawa kucing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.