Kesiapan Michelin Jelang Tes Pra-musim MotoGP di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 28/01/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 18-20 Maret 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Namun, sebelumnya akan digelar sesi tes pra-musim pada 11 Februari 2022.

Sesi tes pra-musim ini sangat penting. Sebab, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, pertama kalinya menggelar MotoGP.

Tim dan para pebalap harus berkenalan dengan karakter sirkuit untuk mencari setelan terbaik pada motornya. Selain itu, penting juga bagi pemasok ban, yakni Michelin, untuk mengenal karakter sirkuit, aspal, dan komentar atau keluhan pebalap.

Baca juga: Michelin Jadi Pemasok Tunggal Ban MotoGP sampai 2026

Dengan begitu, Michelin bisa menyediakan ban yang sesuai dengan Sirkuit Mandalika. Sebab, pilihan ban juga menjadi salah satu faktor penentu kemenangan di MotoGP.

Tekanan udara pada ban motor MotoGP sangat memengaruhi performa motorAFP Tekanan udara pada ban motor MotoGP sangat memengaruhi performa motor

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso mengatakan, untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda, baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan.

Hal itu dilakukan agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi para pebalap yang bertanding di Mandalika.

“Sesudah tes pertama, tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” kata Piero dalam keterangan resminya.

Pada sesi tes pra-musim di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari para tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua.

Baca juga: Michelin Bikin Ban dari Sampah Botol Plastik

Piero menjelaskan, ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan oleh departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport. Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun yang berbeda dengan ban-ban yang digunakan untuk kompetisi yang lain.

Tim Michelin Two Wheels Motorsport bersiap untuk sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. Michelin Tim Michelin Two Wheels Motorsport bersiap untuk sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrem di lintasan,” kata Piero.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.