Cara Cegah Mobil Alami Rem Blong, Hindari Kebiasaan Ini

Kompas.com - 24/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem blong menjadi salah satu kendala yang dapat berakibat fatal, baik bagi pengemudi pengguna jalan lain yang berada di sekitar kendaraan tersebut.

Penting bagi pengemudi untuk selalu melakukan tindakan preventif terhadap rem blong setiap akan berpergian menggunakan mobil. Rem berperan sangat penting dalam menjaga keamanan berkendara.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada rem.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Rem Blong Rawan Terjadi pada Mobil Transmisi Matik

"Biasakan mengerem secara smooth. Hindari menginjak pedal rem secara kasar, yang membuat kerja rem semakin berat," jelas Sony pada Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Selanjutnya, Sony menjelaskan bahwa pengemudi bisa menggunakan engine brake untuk memperlambat laju kendaraan ketika akan berhenti.

Melansir Dunlop, engine brake bisa dilakukan di jalanan yang menurun atau saat keadaan darurat. Ketika melalui jalanan menurun yang ekstrem dan panjang, beban kerja rem sangat berat dan rem menjadi cepat panas.

Beban berat menghentikan laju mobil kemudian bisa membuat rem menjadi kurang responsif hingga akhirnya blong.

Ilustrasi kampas rem mobilDok. Toyota Astra Ilustrasi kampas rem mobil

Engine brake adalah teknik untuk memperlambat laju kendaraan untuk meringakan kerja rem. Pada mobil manual, engine brake dilakukan dengan cara menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Dengan melakukan engine brake, rem tidak bekerja sendiri karena terbantu oleh mesin yang diperlambat.

Kemudian, saat melakukan perjalanan jauh pengemudi disarankan untuk mengistirahatkan rem agar tidak bekerja terlalu berat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.