Indonesia Incar Belarusia Jadi Tujuan Ekspor Komponen Otomotif

Kompas.com - 21/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Belarusia sedang berupaya melakukan kerja sama di sektor industri guna meningkatkan perekonomian kedua negara, salah satunya di bidang industri komponen otomotif.

Langkah sinergi ini akan diwujudkan melalui penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Kementerian Perindustrian RI dengan Kementerian Perindustrian Belarusia.

“Beberapa waktu lalu, kami telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Belarusia untuk membahas tindak lanjut penandatangan LoI kerja sama industri Indonesia-Belarusia,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Eko S.A. Cahyanto, melansir siaran pers Kementerian Perindustrian, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online, Tanpa Harus ke Samsat

Salah satu potensi kerja sama yang sedang dipacu yakni kolaborasi antara pelaku industri komponen otomotif Indonesia dengan Minsk Automobile Plant (MAZ).

MAZ sendiri merupakan asosiasi produsen otomotif milik Belarusia, dan merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Eropa Timur, dengan mayoritas produk jadinya berupa kendaraan niaga.

Ilustrasi ekspor dan impor.SHUTTERSTOCK Ilustrasi ekspor dan impor.

“MAZ berencana untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan komponen otomotif di wilayah ASEAN. Kami berharap Indonesia menjadi salah satu negara yang dibidik karena memiliki potensi pasar yang besar dan kemampuan industri komponen yang berdaya saing,” kata Eko.

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Disebutkan, kerja sama yang akan disasar adalah dukungan produksi delapan model kendaraan yang MAZ produksi, di antaranya adalah truk sampah, truk roda lima untuk kebutuhan pelabuhan, truk long wheelbase, dan sasis untuk kendaraan khusus.

Selain itu ada pula BATE OJSC, salah satu BUMN Belarusia yang sedang mencari mitra potensial untuk impor beberapa produk komponen otomotif, termasuk mitra asal Indonesia.

BATE OJSC adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi pada desain dan pembuatan starter dan alternator untuk mesin truk dan mobil penumpang, bus, mesin pertanian dan mesin untuk tujuan khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.