Shell Jualan Solar Standar Euro 5 di SPBU Jabotabek dan Bandung

Kompas.com - 17/01/2022, 18:12 WIB
Ilustrasi harga BBM Shell Dok. ShellIlustrasi harga BBM Shell

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memutuskan bakal menerapkan standar emisi gas buang Euro 4 mulai April 2022. Dalam merespon kebijakan tersebut, Shell Indonesia sudah memasarkan bahan bakar solar bahkan dengan standar spesifikasi lebih tinggi, yakni Euro 5.

Solar berstandar Euro 5 tersebut dinamai Shell V-Power Diesel memiliki cetane number 51 dan kandungan sulfur 10 ppm. Bahan bakar ini mulai disiapkan di jaringan SPBU Shell di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Harganya yakni Rp 11.990 per liter.

Presiden Direktur dan Direktur Mobility Shell Indonesia Dian Andyasuri menjelaskan, langkah tersebut merupakan bagian dari strategi transformasi menjadi bisnis energi dengan emisi bersih pada 2050 mendatang.

Baca juga: Berburu Mobil Bekas Daihatsu Taruna, Segini Kisaran Harganya

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan juga produk dengan emisi karbon yang lebih rendah. Hal ini kami wujudkan salah satunya melalui penawaran produk Shell V-Power Diesel yang telah memenuhi standar emisi Euro 5,” kata Dian dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

logo Shell CompanySHUTTERSTOCK logo Shell Company

Di samping memiliki angka cetane 51 dan kandungan sulfur 10 ppm yang lebih ramah lingkungan, Shell V-Power Diesel juga mengandung teknologi Dynaflex yang merupakan teknologi unggulan Shell. Teknologi ini diklaim bisa melindungi kendaraan dari endapan yang mengurangi performa mesin.

Gitaditya Witono, Head of Fuel Marketing Shell Mobility Indonesia, mengatakan bahwa Dynaflex memiliki molekul pembersih sehingga injektor bahan bakar tetap bersih dan mencegah timbulnya deposit endapan.

Baca juga: Komparasi New Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 dengan Pajero Sport Dakar 4x2

Beberapa mobil diesel yang cocok menggunakan Shell V-Power di antaranya yakni Hyundai Palisade dengan mesin R 2.2L CRDi 4 silinder segaris dengan e-VGT, dan Hyundai New Santa Fe bermesin 2.2L CRDi turbodiesel.

Selain itu, Shell V-Power juga bisa dikonsumsi oleh Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki dapur pacu diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.