Berburu Mobil Bekas Daihatsu Taruna, Segini Kisaran Harganya

Kompas.com - 16/01/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum kehadiran Terios, Daihatsu pernah memiliki mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) bernama Taruna.

Mobil ini diperkenalkan pada 1999 dengan trim C-Series. Pada 2021, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Taruna F-Series sebagai pelengkap dengan dimensi bodi yang lebih panjang agar bisa muat 7 penumpang lebih lapang.

Tidak hanya mengusung mesin 1.600 cc karburator, Daihatsu juga membekali Taruna dengan pilihan mesin 1.500 cc EFi sebagai langkah meminimalkan pajak kendaraan.

Baca juga: Daripada Dijual, Banyak Pemilik Kijang Innova Lawas yang Upgrade Bodi

Setahun berselang, pada 2002 Daihatsu melengkapi varian Taruna F-Series dengan merilis Taruna FGZ. Ciri khas dari varian ini yakni bodinya berkelir dua warna alias two-tone biru dan silver.

Berlanjut di 2004, Daihatsu menyematkan emblem OXXY pada Taruna sebagai langkah penyegaran.

Ada sejumlah perubahan tampang mulai dari bemper depan grill krom dengan headlamp plus foglamp. Serta buritan baru yang dilengkapi spoiler dan kombinasi lampu baru.

Ilustrasi Daihatsu Taruna bekas lansiran 2001Istimewa Ilustrasi Daihatsu Taruna bekas lansiran 2001

Daihatsu menyuntik mati Taruna pada 2006. Pada tahun ini pula Terios mulai hadir di pasar otomotif Indonesia untuk mengisi segmen SUV murah.

Baca juga: Ini Daerah dengan Populasi Mobil Terbanyak, Ternyata Bukan Jakarta

Berburu Taruna bekas bisa dikatakan tidak memerlukan banyak dana di luar biaya tambahan untuk perbaikan jika diperlukan. Dari pantauan di sejumlah bursa mobil bekas daring, Minggu (16/1/2022), Taruna bekas dibanderol mulai Rp 50 jutaan.

Namun harap diingat, butuh ketelitian untuk mengecek kondisi keseluruhan mobil SUV berusia 2 dekade ini. Selain itu, pastikan juga Taruna bekas yang dijual punya surat-surat lengkap dan status pajak yang masih aktif.

Berikut kisaran harga Daihatsu Taruna bekas per Januari 2022.

  • Taruna 1.5 CX M/T tahun 2000 harga Rp 54 juta
  • Taruna 1.5 CSX M/T tahun 2002 harga Rp 55 juta
  • Taruna 1.5 CSX M/T tahun 2003 harga Rp 58 juta
  • Taruna 1.5 FX M/T tahun 2003 harga Rp 57,5 juta
  • Taruna 1.5 FGZ M/T tahun 2002 harga Rp 58 juta
  • Taruna 1.5 FGX M/T tahun 2002 harga Rp 65,5 juta
  • Taruna 1.5 OXXY M/T tahun 2006 harga Rp 78 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.