Menjajal Kecanggihan Honda Sensing All New Honda BR-V

Kompas.com - 17/01/2022, 16:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalani debut pada September 2021 lalu, All New Honda BR-V akhirnya dapat dijajal oleh awak media, tidak terkecuali redaksi Kompas.com.

Tak tanggung-tanggung, pengujian langsung mengambil trek panjang dari Jakarta menuju Solo, Jawa Tengah dengan jarak sekitar 500 kilometer di jalur kombinasi (perkotaan dan tol).

Menggunakan tipe tertingginya yakni Prestige dengan Honda Sensing, tiap mobil dikendarai tiga rekan media secara bergantian. Kebetulan, tim redaksi mendapat giliran dari Cirebon sampai Ungaran, Jawa Tengah.

Baca juga: Rapor Ekspor AHM Sepanjang 2021, Meningkat 36,1 Persen

Test drive All New Honda BR-Vdok.HPM Test drive All New Honda BR-V

Tentu, selama mengemudi fitur lengkap yang canggih di BR-V jadi sorotan khusus karena diklaim memudahkan mengemudi seraya meningkatkan atas keselamatannya.

Sedikitnya, terdapat tiga dari enam fitur keamanan pada Honda Sensing yang kerap digunakan, yaitu Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), serta Adaptive Cruise Control (ACC).

Sementara tiga fitur lainnya jarang aktif karena sulit menemukan kondisi tertentu sebagai syarat utama pengaktifannya. Seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation System (RDM), dan Auto High Beam (AHB).

Seperti namanya, CMBS berfungsi untuk memerintahkan mobil melakukan pengereman otomatis apabila sensor mendeteksi terdapat suatu objek di depan secara mendadak, seperti pejalan kaki.

Baca juga: Platform BR-V Sudah Kompatibel untuk Mobil Listrik, tapi...

Test drive All New Honda BR-Vdok.HPM Test drive All New Honda BR-V

Dalam perjalanan, beberapa kali kami merasakananya sesaat ada mobil yang menyalip dengan kecepatan yang cukup kencang. Mobil langsung memberikan peringatan lewat suara dan melakukan perlambatan secara otomatis.

Hanya saja memang pengereman yang dilakukan (bila jarak dengan suatu objek sangat dekat) cukup mengejutkan, jadi kurang halus baik untuk si pengemudi maupun penumpang.

Adapun fitur yang terus menemani perjalanan ialah ACC yang bisa diatur dengan mudah, baik untuk kecepatan serta jarak antara kendaraan yang ada di depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.