Komparasi New Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 dengan Pajero Sport Dakar 4x2

Kompas.com - 16/01/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - New Fortuner 2.800 cc resmi meluncur di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar aktivitas Media Experience All New Land Cruiser dan New Fortuner, di Edutown, BSD, Kamis (13/1/2022).

New Toyota Fortuner dibekali dengan mesin diesel 1GD 2.800 cc. Hadirnya varian mesin baru pada Fortuner menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Honda Luncurkan PCX 160 Endless Sport Edition

Mesin 2.800 cc ini bisa dipilih untuk varian VRZ 4x2, VRZ 4x2 GR Sport, dan VRZ 4x4 GR Sport. Untuk varian lainnya Toyota Astra Motor masih menyediakan pilihan mesin diesel 2.400 cc 2GD atau mesin bensin 2.700 cc.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, hadirnya New Fortuner dengan mesin baru memang untuk memenuhi keinginan masyarakat selama ini, yaitu mesin yang lebih bertenaga.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 UltimateAditya Maulana - KOMPAS.com Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 Ultimate

“Kita memberikan pilihan kepada konsumen, jadi ada mesin diesel 2.400 cc dan ada juga 2.800 cc. Tapi rasanya melihat animo masyarakat yang meminta mesin Fortuner lebih bertenaga, kami cukup yakin varian 2.800 cc diterima dengan baik,” ucapnya di acara peluncuran New Fortuner, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Rute Baru PO Agra Mas Trayek Kotabumi-Lamongan via Pantura

Di segmen SUV, Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 memiliki kompetitor yakni Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2.

Redaksi Kompas.com mencoba melakukan komparasi antara kedua SUV diesel terpopuler di Indonesia ini.

Secara harga, Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 hanya beda tipis dengan Pajero Sport Dakar 4x2. Begitu pula fitur dimana keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Misalnya, sunroof, electric park brake dan 7 airbag adalah keunggulan utama Pajero Sport, sedangkan Fortuner punya fitur kunci unggulan seperti kamera 360 derajat hingga power back door.

New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia

Dari segi mesin, Pajero Sport mengandalkan mesin 4N15 MIVEC empat silinder berkapasitas 2.400cc dengan bahan bakar diesel sebagai sumber penggerak. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 181 PS dan torsi 430 Nm. Mesin tersebut didukung dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Baca juga: Suzuki SV650X, Motor Cafe Racer dengan Mesin V-Twin Siap Meluncur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.