Kompas.com - 17/01/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisah dari Ducati, Andrea Dovizioso sempat menganggur beberapa bulan hingga akhirnya kembali balapan pada akhir musim 2021. Pebalap asal Italia ini pun akhirnya mengungkapkan alasan perceraiannya dengan pabrikan asal Italia tersebut.

Sebelum resmi berpisah pada akhir musim 2020, Dovizioso bisa dibilang cukup setia dengan tim tersebut. Dia sudah membantu mengembangkan Desmosedici GP sejak bergabung pada 2013.

Baca juga: Dovizioso Akui Sempat Tiru Rossi, tetapi Gagal

Bersama Ducati, Dovizioso juga berhasil raih runner up tiga musim berturut-turut. Namun, itu semua tidak membuat Ducati tergugah untuk memperpanjang kontraknya.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Kami pisah untuk banyak alasan. Ketika saatnya bernegosiasi untuk perpanjang kontrak, Ducati tidak pernah mencari waktu untuk berbicara," ujar Dovizioso, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Senin (17/1/2022).

Dovizioso menambahkan, bukan uang yang dipermasalahkan. Menurutnya, hal tersebut bukanlah yang membatasinya.

Baca juga: Petronas Yamaha Mengaku Terpaksa Rekrut Dovizioso

Pebalap dengan nomor start 04 tersebut juga menjelaskan bahwa perpisahannya dengan Ducati bukanlah karena masalah gaji. Bahkan, belum sempat ada negosiasi dengan Ducati untuk membicarakan hal tersebut.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Dovizioso pun akhirnya menganggur dan sempat membantu Aprilia mengembangkan RS-GP. Banyak yang menyangkan Dovizioso akan bergabung dengan tim tersebut. Tapi, ketika Yamaha memintanya untuk bergabung, Dovizioso tidak berpikir dua kali untuk mengiyakan ajakan tersebut.

"Saya tidak kembali karena gaji. Saya tidak pernah membuat keputusan berdasarkan seberapa banyak yang saya hasilkan. Saya hanya ingin menjalankan persyaratan saya," kata Dovizioso.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Saya beruntung, Yamaha menginginkan masukan dari pebalap berpengalaman yang sudah mengendarai motor lain dan sponsor juga menginginkan saya," ujarnya.

Musim 2022 ini akan jadi penentuan bagi Dovizioso untuk membuktikan pengalaman dan kemampuannya, apakah bisa kompetitif atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.