Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petronas Yamaha Mengaku Terpaksa Rekrut Dovizioso

Kompas.com - 29/10/2021, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) kehilangan pebalap karena Franco Morbidelli pindah ke Monster Energy Yamaha MotoGP. Akhirnya, Andrea Dovizioso direkrut menjadi pebalapnya.

Mantan pebalap Ducati tersebut padahal sempat membantu Aprilia mengembangkan RS-GP musim ini. Namun, Dovi tak menolak kesempatan untuk menghabiskan sisa musim ini dengan tim satelit Yamaha.

Baca juga: Meski Sebentar, Dovi Tetap Bangga Jadi Rekan Setim Rossi

Padahal, sebelumnya Petronas Yamaha SRT sudah menyebutkan bahwa Dovi terlalu tua. Tim asal Malaysia ini juga memiliki fokus untuk mengorbitkan pebalap muda yang bertalenta.

Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.MOTOGP Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.

"Pilihan Dovizioso adalah kompromi, itu menjadi pertanyaan untuk bertahan hidup," ujar Razlan Razali, Team Principal Petronas Yamaha SRT, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/10/2021).

Sebelumnya, tim satelit ini sudah terlihat goyah. Hingga akhirnya Petronas selaku sponsor utama, memutuskan untuk undur diri.

Baca juga: Morbidelli Salut Melihat Dovi Balapan Pakai Yamaha M1

SRT pun berubah namanya menjadi RNF mulai musim depan. Setelah Petronas hengkang, RNF mendapat dukungan dari perusahaan asal Italia, WithU, sebagai sponsor utama.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

WithU disebutkan menyarankan kepada Razali agar salah satu pebalapnya berasal dari Italia. Razali pun tidak bisa menolaknya.

"Sebagai tim, kami ingin membesarkan para pemuda, tapi kami harus menyimpang dari filosofi kami. MotoGP adalah bisnis, saya harus mengikuti permintaan dari yang membiayai. Jadi, pilihan pebalap kami berubah," kata Razali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com