Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Repair Mulai Bikin Bus Single Glass, Ini Tanggapan Adiputro

Kompas.com - 16/01/2022, 18:53 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perbaikan (repair) bodi bus lama menjadi model baru memang sangat jamak dilakukan PO bus di Indonesia. Dengan repair, hanya bagian depan dan belakang saja yang diubah menjadi lebih modern.

Model bus yang biasanya dijadikan acuan bodi ketika repair adalah Jetbus 3+. Jadi bodi bus lama diubah muka dan bagian belakangnya menjadi model Jetbus 3+ dan dilakukan oleh bengkel repair atau karoseri.

Sebelumnya, kebanyakan bengkel repair mengacu pada tampilan Jetbus 3+ double glass. Namun memasuki 2022, nampaknya bengkel repair bus mulai membuat bodi depan model single glass.

Baca juga: Suzuki SV650X, Motor Cafe Racer dengan Mesin V-Twin Siap Meluncur

Bus pariwisata baru PO Juragan 99DOK. ADIPUTRO Bus pariwisata baru PO Juragan 99

Misalnya seperti Sohade Body Repair, Karoseri Anugrah di Bogor, Catur Karoseri yang baru saja memperlihatkan hasil perbaikan bodi dengan model Jetbus 3+ single glass.

Menanggapi hal tersebut, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, karoseri tidak masalah dengan adanya bengkel repair yang memperbarui tampilan bus lama menjadi Jetbus 3+ single glass.

“Kita enggak bisa apa-apa, kan namanya repair suka-suka yang punya bus mau di buat apa. Kita juga enggak bisa melarang bengkel membuat model-model Jetbus 3,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Gresini Racing Pamer Livery, Disponsori Banyak Perusahaan Indonesia

Namun di balik itu, Yohan mengatakan kalau sisi positifnya, model buatan Adiputro masih banyak disukai masyarakat, bahkan untuk model single glass. Tren single glass juga bisa dibilang kembali diminati oleh PO bus.

“Iya, ada yang mulai pesan pakai single glass di Karoseri Adiputro sekarang,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com