Bamsoet Harap Street Race Bisa Hasilkan Pebalap dari Pembalap

Kompas.com - 17/01/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet berharap penyelenggaraan balap motor liar legal atau street race bisa menghasilkan pebalap dari pembalap muda baru.

Berdasarkan terminologi yang berlaku di Kompas Gramedia, pebalap adalah profesi orang yang melakukan olahraga balap di bawah naungan instansi resmi, sama seperti pecatur, pebulu tangkis, dan pesepak bola. Adapun pembalap adalah orang yang melakukan aksi balapan tidak resmi, salah satunya balap liar.

Melalui street race, ajang yang dihelat dan dipayungi oleh Polda Metro Jaya dianggap tepat sasaran untuk menekan risiko kecelakaan akibat balapan liar di jalan yang meresahkan masyarakat.

Selain itu, seraya menjaring dan memotivasi pengendara tersebut supaya menjadi yang terbaik di sektor yang digemarinya itu.

Baca juga: Sempat Ditunda karena Hujan, Street Race Ancol Resmi Digelar

Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.Ruly Kurniawan/Kompas.com Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.

"Acara ini keren, langkah-langkah Kapolda untuk merangkul dan edukasi dengan pendekatan yang humanis tersebut mencerminkan jiwa Polri hari ini," kata Bamsoet di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

"Barangkali ini bisa menjadi role model bagi polda lainnya di seluruh Indonesia supaya angka kecelakaan ditekan serta yang terpenting untuk menemukan bibit-bibit pebalap baru," lanjut Bamsoet.

Lebih jauh, ia pun meyakini bahwa dengan diwadahinya ajang balap liar akan bisa mencetak pebalap baru bertaraf internasional, seperti legenda hidup MotoGP Valentino Rossi.

Hanya saja, hingga kini belum ada kepastian mengenai masa depan ajang street race tersebut.

Baca juga: Mobil Berpapasan di Tanjakan, Dahulukan Kendaraan yang Naik

"Kalau kita lihat sejarah Valentino Rossi dulu awalnya waktu remaja juga, dia ikut balap liar. Tapi, kemudian diarahkan dan dia menemukan jalan prestasinya menjadi pebalap dunia," ucapnya.

"Jadi tugas kita ini, Polda Metro terutama Pak Kapolda menemukan bibit daripada saudara-saudara bikers, para pembalap. Kalau nanti kalian menemukan jiwa di sini, teruskan, lanjutkan," kata Bamsoet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.