Ini Pembagian Kelas dan Doorprize Street Race Legal Ancol

Kompas.com - 16/01/2022, 12:22 WIB
Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol. Ruly Kurniawan/Kompas.comPerhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Sebanyak 350 pembalap atau joki yang terbagi dalam delapan kelas akan meramaikan acara hingga pukul 15.00 WIB. Mereka akan bertanding satu lawan satu alias head to head untuk membuktikan yang tercepat.

AKP Rudi Wiransyah dari Ditlantas Polda Metro Jaya, sekaligus panitia dari street race mengatakan bahwa acara akan digelar dengan mengutamakan keselamatan dan protokol kesehatan.

Baca juga: Sempat Ditunda karena Hujan, Street Race Ancol Resmi Digelar

"Pertama (balapan) simbolis oleh salah satu pebalap nasional kita, Mario Aji. Dengan salah satu komunitas akan trial dua langsung," katanya saat ditemui di Ancol.

"Sistemnya nanti kita tidak cari yang tercepat, tapi coba lintasan, latihan bersama," lanjut Rudi.

Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.Ruly Kurniawan/Kompas.com Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.

Teknisnya, kata Rudy, para pebalap yang terbagi atas delapan kelas akan bertanding satu lawan satu per-kelas. Setelah selesai, dilanjut balapan dari kelas yang lainnya.

Adapun beberapa kelas yang dilombakan ialah kelas matik 4 tak, sport 2 tak, sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, sampai Vespa.

"Balapannya satu lawan satu, head to head. Kita gilir tiap kelas," urai dia.

Hanya saja dalam ajang ini tidak ada hadiah yang disiapkan. Tetapi dalam upaya menekan hal yang tak diinginkan seperti taruhan, Polda Metro Jaya menyiapkan doorprize bagi beberapa peserta.

Baca juga: Dorna Bisa Batalkan Balapan MotoGP Jika Diharuskan Karantina

Mulai dari sepeda lipat, kulkas, sampai dengan sepeda motor. Pemberian akan dilakukan di penghujung acara.

"Kami menyiapkan doorprize dan berbagai hadiah untuk para peserta, karena memang tajuknya adalah latihan bersama," ujar dia.

Bagi warga yang tertarik untuk menonton langsung, bisa datang ke Jalan Inspeksi Ancol, tepat di pinggir Kali Ancol dan seberang Jalan RE Martadinata.

Tetapi, warga diwajibkan untuk membeli tiket masuk Ancol terlebih dahulu karena harus memasuki kawasan Ancol terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.