Besok, Kemenhub Pastikan Layanan BTS di 5 Kota Beroperasi Lagi

Kompas.com - 15/01/2022, 18:12 WIB
Peluncuran bus buy the service (BTS) Trans Banyumas di Alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2021). KOMPAS.com/FADLAN MUKHTAR ZAINPeluncuran bus buy the service (BTS) Trans Banyumas di Alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, siap mengoperasikan kembali layanan bus bersubsidi atau berskema buy the service (BTS) di lima kota besar mulai besok, Minggu (16/1/2022).

Adapun sebelumnya layanan BTS di Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Surabaya, dan Bandung dihentikan sementara waktu dengan alasan evaluasi dan memperbaiki skema lelang pembelian layanan.

Direktur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, operasional BTS di lima kota besar yang lelangnya 2021 akhir, dihentikan sementara untuk menyesuaikan dengan peraturan dan regulasi yang mengalami perubahan.

Baca juga: Mungkinkah Mesin 1GD Fortuner Dipasang ke Toyota Innova?

"Dari lima kota besar yang awal tidak ada persoalan karena memang skemanya sudah multi years contract, namun untuk yang 2021 akhir, kemarin ada perubahan skema lelangnya. Dari umum menjadi sifatnya e-katalog, untuk itu diperlukan justifikasi penyesuaian persyaratan yang ada sehingga kita hentikan sebentar," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2021).

Layanan Teman Bus BTS di BanyumasKEMENHUB Layanan Teman Bus BTS di Banyumas

Lebih lanjut Budi menjelaskan, saat awal Kemenhub memprediksi akan melakukan penyesuaian terhadap aturan baru dengan kurung waktu antara tiga sampai empat minggu.

Tapi karena ada permintaan dari beberapa daerah penyelenggara layanan BTS yang sudah berkontak dengan vendor dan juga pihak pengemudi, Budi meminta prosesnya penyesuaian lelang multi year bisa dipercepat.

"Akhirnya kemarin sore sudah ada pelaksanaan bahwa lelang untuk di lima kota besar yang berasal dari anggaran Perhubungan Darat sudah bisa dilaksanakan. Artinya secara de jure lima kota besar sempat kita hentikan sudah bisa melakukan kegiatan," ucap Budi.

Baca juga: Tak Ada Kejelasan, Daihatsu Pertanyakan Aturan Main Mobil Rakyat

Teman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021).Ditjen Hubdat Kemenhub RI Teman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021).

"Namun setelah saya tantang untuk segera beraktivitas mulai hari ini, ternyata para operator memerlukan persiapan sehingga mereka meminta mulai besok (16/1/2022). Artinya, layanan BTS di lima kota akan kembali beroperasi secara bertahap mulai besok," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.