Tak Ada Kejelasan, Daihatsu Pertanyakan Aturan Main Mobil Rakyat

Kompas.com - 15/01/2022, 12:31 WIB
Daihatsu All New Xenia resmi meluncur di GIIAS 2021 Dio Dananjaya/Kompas.comDaihatsu All New Xenia resmi meluncur di GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya wacana program mobil rakyat, mendatangkan optimisme agen pemegang merek (APM) yang diharapkan bisa kembali menggairahkan pasar. Salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Bahkan Daihatsu sudah memiliki gambaran melalui simulasi perkiraan kondisi pasar otomotif pada 2022, bila program tersebut benar-benar diberlakukan.

Sayangnya, sampai saat ini kejelasan konsep mobil rakyat masih mengundang banyak tanda tanya. Baik soal aturan, kebijakan, sampai kepastian apakah benar diimplementasi atau tidak.

Baca juga: Simulasi Daihatsu soal Program Mobil Rakyat

Karena itu, Daihatsu tak bisa memberikan jawaban pasti terkait model-model mana saja yang sekiranya berpeluang masuk dalam program yang diusulkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tersebut.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM mengatakan, banyak hal yang perlu dijelaskan terkait program mobil rakyat, terutama terkait syarat seperti besaran harga yakni Rp 240 juta.

Ilustrasi booth Daihatsu di GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Daihatsu di GIIAS 2021.

"Pertama harga, yang dimaksud itu harga yang mana, on the road, off the road, atau harga Desember tanpa PPnBM. Sampai sekarang kami belum tahu apa yang dimaksud dengan harga itu," ucap Amel dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (13/1/2022).

Lebih lanjut, Amel juga mempertanyakan terkait varian, karena dalam suatu model biasanya akan terdiri dari beberapa tipe pilihan yang memilki kisaran harga bervariasi.

Baca juga: Honda Masih Tunggu Aturan Mobil Rakyat, Mobilio dan Brio Satya Masuk Kategori

Bila varian atas pada suatu produk tidak sesuai dengan ketentuan harga mobil rakyat yang di bawah Rp 250 juta, aturan mainnya akan seperti apa.

"Itu bagaimana hitungannya, apakah by varian atau by rata-rata. Kami juga sedang bertanya melalui Gaikindo, karena masih belum jelas, kami juga binggung. Kami masih menunggu penjelasan detail agar implemetasi di lapangan bisa lebih jelas," kata Amel.

Marketing Product Planning Division Head PT ADM Budi Mahendra mengatakan, sampai saat dirinya masih menanti kepastian atau update perkembangan terkait program mobil rakyat.

Daihatsu SigraADM Daihatsu Sigra

Karena itu, sebelum ada kejelasan lebih detail, Daihatsu tak bisa memberikan kepastian soal model mana saja yang bisa mengikuti program tersebut.

Baca juga: TKDN Masih Tanda Tanya, Hyundai Optimistis Creta Jadi Mobil Rakyat

"Kami tidak bisa banyak jawab, termasuk soal model Daihatsu apa saja yang sesuai persyaratan ke mobil rakyat, seperti harga di bawah Rp 250 juta, local purchase 80 persen, dan kapasitas mesin. Selama belum ada peraturan resmi, kami juga belum bisa pastikan," kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.