Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Mesin 1GD Fortuner Dipasang ke Toyota Innova?

Kompas.com - 14/01/2022, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Toyota Fortuner di Indonesia dengan pilihan mesin baru yakni 1GD berkubikasi 2.800 cc pada Kamis (13/1/2022).

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM mengatakan, New Fortuner dilengkapi dengan pilihan mesin diesel terbaru yang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar sehingga menghasilkan akselerasi yang lebih responsif.

“Selain itu kami juga memperluas varian GR Sport dengan sistem penggerak 4x4 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty,” ucap Henry pada acara peluncuran, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Awal 2022, Kawasaki Rilis Versys-X 250 dengan Warna Baru

Sebagai informasi, mesin 1GD 2.800 cc yang dimiliki New Fortuner mampu menghasilkan tenaga 203,9 Ps atau setara dengan 201,1 Tk di 3.000 rpm sampai 4.000 rpm, dan torsi 50,9 Kgm (499,2 Nm) di 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.

Sedangkan mesin terdahulunya 2GD, menghasilkan tenaga 149.6 Ps dan torsi 30.8 Kgm. Artinya, tenaga 1GD naik 36 persen dan torsinya meningkat 25 persen dari mesin sebelumnya.

Lantas, adakah kemungkinan mesin tersebut disematkan pada produk Toyota lainnya seperti Innova yang memiliki pasar besar di Indonesia?

Mesin 1GD Toyota FortunerKompas.com/AdityoWisnu Mesin 1GD Toyota Fortuner

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, setiap pengembangan atau peningkatan produk baru Toyota, mengacu pada keinginan dan permintaan dari konsumen.

“Pasti kita mendengarkan masukan atau permintaan dari masyarakat atau konsumen terkait peningkatan yang dilakukan. Jika dibandingkan dengan Innova, demand untuk power yang lebih besar sangat kelihatan jelas di segmen Toyota Fortuner,” ucap Anton saat peluncuran Toyota New Fortuner dan All New Land Cruiser, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Mario Aji Dapat Honda NSF250R, Bakal Hadir di Street Race Ancol

Kondisi itulah yang membuat pihaknya memprioritaskan mesin 1GD disematkan pada All New Fortuner.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa bisa saja ke depannya mesin 1GD akan disematkan pada produk-produk Toyota lainnya seperti Innova.

“Ke depannya tentu kita akan menerima masukan dari konsumen, apakah mesin 1GD ini diperlukan untuk produk Toyota lainnya. Tapi untuk saat ini fokus kami di Fortuner,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com