Mungkinkah Mesin 1GD Fortuner Dipasang ke Toyota Innova?

Kompas.com - 14/01/2022, 17:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Toyota Fortuner di Indonesia dengan pilihan mesin baru yakni 1GD berkubikasi 2.800 cc pada Kamis (13/1/2022).

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM mengatakan, New Fortuner dilengkapi dengan pilihan mesin diesel terbaru yang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar sehingga menghasilkan akselerasi yang lebih responsif.

“Selain itu kami juga memperluas varian GR Sport dengan sistem penggerak 4x4 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty,” ucap Henry pada acara peluncuran, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Awal 2022, Kawasaki Rilis Versys-X 250 dengan Warna Baru

Sebagai informasi, mesin 1GD 2.800 cc yang dimiliki New Fortuner mampu menghasilkan tenaga 203,9 Ps atau setara dengan 201,1 Tk di 3.000 rpm sampai 4.000 rpm, dan torsi 50,9 Kgm (499,2 Nm) di 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.

Sedangkan mesin terdahulunya 2GD, menghasilkan tenaga 149.6 Ps dan torsi 30.8 Kgm. Artinya, tenaga 1GD naik 36 persen dan torsinya meningkat 25 persen dari mesin sebelumnya.

Lantas, adakah kemungkinan mesin tersebut disematkan pada produk Toyota lainnya seperti Innova yang memiliki pasar besar di Indonesia?

Mesin 1GD Toyota FortunerKompas.com/AdityoWisnu Mesin 1GD Toyota Fortuner

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, setiap pengembangan atau peningkatan produk baru Toyota, mengacu pada keinginan dan permintaan dari konsumen.

“Pasti kita mendengarkan masukan atau permintaan dari masyarakat atau konsumen terkait peningkatan yang dilakukan. Jika dibandingkan dengan Innova, demand untuk power yang lebih besar sangat kelihatan jelas di segmen Toyota Fortuner,” ucap Anton saat peluncuran Toyota New Fortuner dan All New Land Cruiser, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Mario Aji Dapat Honda NSF250R, Bakal Hadir di Street Race Ancol

Kondisi itulah yang membuat pihaknya memprioritaskan mesin 1GD disematkan pada All New Fortuner.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa bisa saja ke depannya mesin 1GD akan disematkan pada produk-produk Toyota lainnya seperti Innova.

“Ke depannya tentu kita akan menerima masukan dari konsumen, apakah mesin 1GD ini diperlukan untuk produk Toyota lainnya. Tapi untuk saat ini fokus kami di Fortuner,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.