Peserta Street Race Ancol Tidak Diwajibkan Pakai Wearpack

Kompas.com - 14/01/2022, 20:12 WIB
Drag bike oleh Pertamax Motorsport. dragbike.idDrag bike oleh Pertamax Motorsport.

JAKARTA, KOMPAS.com - Adu cepat di trek lurus alias drag bike yang akan digelar oleh Polda Metro Jaya diberi nama Street Race Ancol. Acara balap ini akan digelar akhir pekan, Sabtu (15/1/2022).

Acara ini akan mewadahi para pebalap liar yang tadinya melakukan aksinya di jalan raya. Sekarang, Polda Metro Jaya memberikan tempat khusus yang lebih aman dan tidak mengganggu jalan raya.

Baca juga: Ajang Street Race di Ancol Digelar Tanpa Hadiah

Namun, acara ini bukanlah ajang balap resmi seperti kejuaraan lainnya. Drag bike ini lebih bersifat latihan bersama (latber).

Ilustrasi penggunaan ban cacing buat balapFoto: Yugo_Aol/BalapMotor Ilustrasi penggunaan ban cacing buat balap

Wakil Ketua Umum Mobilitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar, mengatakan, untuk keamanan masing-masing perserta, tidak diwajibkan pakai wearpack atau baju balap khusus.

"Ketika ini disebut sebagai balapan, mereka belum tentu semuanya ingin jadi pebalap. Mereka ini bukan pebalap. Tapi, ketika kita menampung mereka, pasti akan tersaring dan jumlah pebalap akan bertambah," ujar Rifat, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Begini Syarat dan Ketentuan Ikut Latber Street Race di Ancol

"Jadi, sekarang kita pakai peraturan safety yang minimal, seperti helm full face, sepatu tinggi, jaket, dan sarung tangan," katanya.

Pebalap drag bike wanita, Sabrina SamehDok. @sabrinasameh Pebalap drag bike wanita, Sabrina Sameh

Pebalap drag bike wanita, Sabrina Sameh, mengatakan, yang pakai wearpack untuk balap seperti ini sepertinya cuma di Indonesia. Di Thailand, yang balapan hanya pakai sepatu di bawah mata kaki dan itu jarang juga ada kecelakaan.

"Waktu aku balapan di sana, mereka rata-rata pakai kaos lengan panjang, celana panjang jins, terus sepatu di bawah mata kaki. Helmnya juga ada yang cuma pakai half face," kata Sabrina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.