Kenapa New Fortuner Tidak Dibekali Fitur Toyota Safety Sense?

Kompas.com - 14/01/2022, 09:02 WIB
Toyota Fortuner 2.800 cc Kompas.com/AdityoWisnuToyota Fortuner 2.800 cc

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis New Fortuner dengan varian mesin 2.800 cc kode 1GD. New Fortuner ini pun menjadi produk baru Toyota pada awal 2022 ini.

Jika melihat negara lain, seperti Thailand memiliki varian Legender dengan mesin serupa dan disematkan juga fitur Toyota Safety Sense (TSS). TSS yang hadir di model Legender terdiri dari Pre-Collision System, Lane Departure Alert, dan Dynamic Radar Cruise Control.

Sebenarnya, beberapa produk Toyota yang ada di Indonesia juga sudah menyematkan fitur TSS. Sebut saja Toyota Raize, Avanza, Veloz, Corolla Hybrid, Camry, dan All New Land Cruiser.

Baca juga: New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser Resmi Meluncur

New Toyota Fortuner LegenderToyota Thailand New Toyota Fortuner Legender

Lantas kenapa Fortuner terbaru, terutama dengan pilihan mesin 2.800 1GD masih belum disematkan fitur TSS?

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan, fitur kendaraan yang canggih seperti TSS mulai mendapatkan permintaan yang tinggi dari masyarakat. Namun bukan berarti semua produk mendapatkannya (fitur TSS).

“Kali ini, fokus dari segmen Fortuner adalah pada engine power. Jadi engine power kita jadikan prioritas untuk dipenuhi,” ucap Anton dalam acara peluncuran New Fortuner, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Kabar Baru Soal Nasib Kelanjutan Diskon PPnBM

Anton menjelaskan, hadirnya varian mesin 2.800 cc ini karena banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan mesin lebih bertenaga. Namun kembali lagi, jika nantinya ada banyak permintaan mengenai TSS, bisa saja dijadikan pertimbangan.

“Tidak menutup kemungkinan ke depannya (hadir fitur TSS). Pastinya kita akan pelajari lagi kebutuhan spek dari TSS yang dibutuhkan masyarakat untuk future development,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.