Balap Liar Legal di Ancol Versi Road Race Bakal Menyusul

Kompas.com - 13/01/2022, 10:22 WIB
Kejuaraan Nasional Balap Motor bertajuk Oneprix - Indonesia Motorprix Championship (IMC). Dok. IMCKejuaraan Nasional Balap Motor bertajuk Oneprix - Indonesia Motorprix Championship (IMC).

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan memfasilitasi pelaku balap liar lewat Latber Street Race di Ancol, Jakarta Utara. Balapan akan berkonsep drag race alias adu kebut lurus.

Selanjutnya, Polda Metro Jaya juga akan membuat konsep serupa tapi untuk balap road race. Tempatnya akan diselenggarakan di sirkuit untuk menggelar Formula E.

Baca juga: Pilihan Motor Sport Naked Bekas di Bawah Rp 10 Juta

DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Ponorogo DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). 

Meski demikian Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, belum dapat memastikan kapan tepatnya Latber Street Race untuk kegiatan road race akan digelar.

"Road race nanti menunggu, ya mungkin nanti setelah selesai lintasan untuk Formula E, mungkin kita akan laksanakan road race di situ. Rencananya setelah Formula E," katanya kepada Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Adapun soal pembangunan sirkuit dan jadwal Formula E Indonesia 2022, dijelaskan oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo sekaligus Managing Director Formula E, Gunung Kartiko.

"Awal Februari (akan mulai dibangun sirkuit)," kata Gunung di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca juga: Begini Cara Benar Merawat Motor Koleksi

Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik) mengikuti ajang balap drag bikeDok. Kosmik Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik) mengikuti ajang balap drag bike

Gunung mengatakan, pihaknya akan mulai membangun sirkuit Formula E pada awal Februari 2022. Adapun balapan akan digelar pada 4 Juni 2022.

Mengenai spesifikasi sirkuit akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan berada di tengah-tengah kawasan Ancol.

Sirkuit memiliki lebar 16 meter dan 18 tikungan. Trek lurus sepanjang 600 meter dengan arah lintasan clockwise atau searah jarum jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.