Supaya Tidak Ketilang, Ini Tips Cari Ukuran Roof Box Mobil yang Pas

Kompas.com - 10/01/2022, 16:57 WIB
Ilustrasi roof rack handa-accessories.comIlustrasi roof rack
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini penggunaan aksesori roof box di atap mobil menimbulkan suatu kontroversi karena dinilai melanggar rancangan teknis kendaraan bermotor dan menyalahi peruntukannya.

Sebab, pertambahan beban keseluruhan dari kendaraan karena komponen tersebut dianggap mempengaruhi daya angkut. Sehingga, menyebabkan pengendalian mobil berubah dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Pihak Kepolisian RI pun memastikan bila ada prilaku terkait, akan ditilang. Jadi, penting untuk pemilik kendaraan memilih roof box yang pas dengan mempertimbangkan ukuran dan bobot maksimal mobil.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Tambahan roof rack untuk antisipasi kekurangan kapasitas kabin saat mudik.Febri Ardani Tambahan roof rack untuk antisipasi kekurangan kapasitas kabin saat mudik.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, cara termudah untuk mencari roof box yang tepat adalah memperhatikan dan mencatat lebih dulu ukuran atap mobil.

"Dari data yang dimiliki, tinggal cari saja yang sesuai," katanya belum lama ini.

"Kemudian, pahami beban maksimal yang bisa ditampung mobil. Sebab setiap mobil memiliki beban maksimal berbeda-beda. Kalau tidak tepat atau terlalu berat, atap mobil bisa penyok dan mempengaruhi stabilitas," lanjut Imansyah.

Menurut dia, kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah tidak mau mencari tahu hal ini. Padahal kapasitas roof box yang cukup besar dapat mempengaruhi kondisi struktur atap mobil.

Baca juga: Rentan Bahaya, Tidak Sarankan Pasang Roof Rail Sendiri

Ilustrasi pasang roof rack di tulangan rangka atas.autobild.co.id Ilustrasi pasang roof rack di tulangan rangka atas.

Untuk mencari informasi beban maksimal yang dapat ditampung mobil, pemilik bisa mengurangi gross weight dengan curb weight. Kemudian kurangi dengan total beban penumpang.

Selanjutnya, pilih roof box yang memiliki material terbaik. Alasan utama, supaya bagian itu tidak rusak karena sering terkena sinar matahari dan air hujan langsung.

"Sangat disarankan untuk memilih roof box berbahan plastik ABS. Material ini terhitung cukup kuat dan tahan air. Bobotnya sendiri tidak terlalu berat, hanya 10-15 kilogram," kata Imansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.