Rentan Bahaya, Tidak Sarankan Pasang Roof Rail Sendiri

Kompas.com - 25/11/2021, 18:01 WIB
Roof box merek Thule mulai menjadi tren aksesori mobil modifikasi thule.comRoof box merek Thule mulai menjadi tren aksesori mobil modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa pandemi seperti sekarang, sebagian orang memilih untuk bepergian ke luar kota dengan kendaraan pribadi. Untuk membawa barang yang banyak, mobil dipasang dengan roof box.

Roof box biasanya dipasang ke roof rail yang ada di atap mobil. Untuk mobil bergaya SUV, biasanya dari standar sudah memiliki roof rail. Tetapi, untuk mobil biasa, atap mobil polos saja, tidak ada aksesori seperti roof rail untuk memasang roof box.

Oleh karena itu, ada saja aksesori roof rail tambahan yang bisa dipasang ke atap, jadi mobil biasa juga bisa memakai roof box. Biasanya, roof rai tambahan ini dibaut ke atap, sehingga diam cukup kokoh, tidak bergeser.

Baca juga: Kawasaki Ninja H2 SX SE, Meluncur Pakai Radar

Roof Box Whale Carrierwhalecarrier.com Roof Box Whale Carrier

Namun sebenarnya, memasang aksesori berupa roof rail di atap mobil tidak disarankan oleh pabrikan. Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, pasang aksesori seperti roof rail bisa merusak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kan tidak tahu konstruksinya seperti apa, jadi bisa merusak,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Bocoran 5 Lokasi yang Jadi Lintasan Formula E di Jakarta

Ketika memasang roof rail tambahan, atap bisa dilubangi untuk lubang baut. Selain itu, roof rail yang terpasang tidak jelas kekuatannya, berbeda dengan bawaan pabrik.

“Kalau bawaan pabrik, itu aman buat dipasang roof rack. Di buku pedoman juga tertulis berapa maksimum kapasitasnya,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.