Kompas.com - 10/01/2022, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comRoof box merupakan aksesori yang bisa menambah ruang untuk menyimpan barang. Sesuai namanya, posisi roof box ada di atap dan biasanya dipasang ke roof rail dan cross bar.

Namanya modifikasi, roof box sebenarnya bisa dipasang ke berbagai jenis mobil, baik sedan, MPV, SUV, dan hatchback. Tetapi, ada beberapa kendaraan yang tidak disarankan untuk dipasangi roof box di atapnya.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, mobil bisa dipasangi roof box maupun tidak, sudah tertulis pada buku panduan pemilik kendaraan.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Awal 2022

Mobil pakai roof boxStanly/Otomania Mobil pakai roof box

“Biasanya, mobil yang bisa dipasang roof box ada dudukannya. Ini terinformasi di buku pedoman pemilik,” kata Didi kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Kemudian untuk mobil yang tidak disarankan dipasang roof box kembali lagi pada peruntukan atapnya.

Ada atap kendaraan yang memang tidak didesain untuk mengangkat beban. Mengenai mobilnya, ada berbagai macam, tidak bisa digeneralisir.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Kayu Agung, Ini Kata Pengelola

“Misalnya ada sedan yang memang didesain atapnya bisa mengangkat barang, ada juga yang tidak,” ucapnya.

Biasanya, mobil seperti sedan yang memang didesain untuk mengangkat beban di atapnya, tersedia dudukan di bagian samping. Nantinya, dudukan tersebut bisa dipasang roof rack atau roof box.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.