Mengemudi Saat Hujan, Awas Kena Ciprat

Kompas.com - 09/01/2022, 16:21 WIB
Cipratan air dari kendaraan lain yang mengenai kaca depan mobil INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIACipratan air dari kendaraan lain yang mengenai kaca depan mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan mulai melanda berbagai kota di Indonesia. Ketika sedang turun hujan, beberapa jalanan jadi tergenang air yang tidak terlalu tinggi, jadi masih bisa dilalui kendaraan.

Namun ketika mengemudi di tengah hujan, hati-hati saat melewati genangan beriringan dengan mobil lain. Contohnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram.

Pada video tersebut, terlihat mobil perekam sedang berjalan bersebelahan dengan kendaraan lain. Ketika mobil yang ada di depannya melalui genangan air, alhasil kaca depan mobil perekam pun kena cipratan.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut, Begini Cara Benar Menghindari Lubang di Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Seketika pandangan dari mobil perekam tertutup dengan air, untungnya wiper bisa menyapunya dengan baik. Oleh karena itu, mengemudi di bawah hujan harus konsentrasi dengan baik dan perhatikan jarak iring dengan kendaraan lain.

“Perhatikan jarak iring, kecepatan yang ideal dan visibilitas yang luas, perhatikan obyek-obyek yang ada di sekitar kendaraan terutama depan,” ucap Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia kepada Kompas.com, Sabtu (8/1/2021).

Jadi ketika berkendara di tengah hujan, jarak iring dengan kendaraan yang ada di depan jangan terlalu dekat. Dengan menjaga jarak, cipratan air tadi jadi tidak mengenai kaca depan dan mengganggu visibilitas.

Baca juga: Salah Injak Pedal Mobil Bukan Terjadi Hanya pada Pengemudi Pemula

Cipratan air ini datang dari arah seberang atau kendaraan di sebelahnya. Antisipasinya, kurangi kecepatan saat melintas dan tahan setir ke arah depan (lurus),” kata Sony.

Sambil menahan arah setir, kaki bisa diangkat dari pedal gas. Pengemudi tidak harus menekan rem atau memutar setir karena kaget, ini yang bisa membahayakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.