Salah Injak Pedal Mobil Bukan Terjadi Hanya pada Pengemudi Pemula

Kompas.com - 08/01/2022, 10:22 WIB
Kecelakaan maut terjadi di Jalan Sultan Babulah, Kota Ambon, Kamis petang (6/1/2022). Kecelakaan tersrbut mengakibatkan seorang pelajar tewas KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYKecelakaan maut terjadi di Jalan Sultan Babulah, Kota Ambon, Kamis petang (6/1/2022). Kecelakaan tersrbut mengakibatkan seorang pelajar tewas

JAKARTA, KOMPAS.com - Telah terjadi kecelakaan mobil menabrak dua sepeda motor hingga menyebabkan adanya korban jiwa. Kejadian tersebut terjadi di Ambon, Maluku, Kamis (6/1/2022).

Kepala Subbagian (Kasubag) Humas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pulau Ambon Iptu Isack Leatemia menuturkan, kejadian ini bermula saat pengemudi mobil salah menginjak pedal.

Baca juga: Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh

Bukannya mengerem, pengemudi justru menginjak pedal gas. Hal ini terjadi usai pengemudi dikagetkan dengan kemunculan pengendara sepeda motor Yamaha Fino di depan mobilnya.

"Karena kaget, pengemudi bukannya menginjak rem dia malah menginjak gas, sehingga langsung menabrak motor yang ada di depannya," ujar Isack, Kamis (6/1/2022).

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Menanggapi kejadian ini, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, salah injak pedal bukan hanya dialami oleh para pemula yang baru belajar menyetir. Pengemudi berpengalaman pun tetap berisiko melakukan salah injak pedal.

"Bisa juga memang green driver (pemula) yang kadang salah menempatkan kaki antara pedal rem dan gas, sehingga bisa saja panik dan malah menginjak lebih dalam," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tak Perlu ke Samsat, Begini Cara Blokir STNK via Online

Namun tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah berpengalaman bisa melakukan kesalahan injak pedal gas. Marcell menyebutkan, umumnya hal tersebut bisa terjadi akibat faktor kelelahan.

"Seorang pengemudi bisa saja salah menginjak pedal, mungkin karena fatigue atau kelelahan sehingga melakukan tindakan yang tidak direncanakan," ujar Marcell melanjutkan.

Ilustrasi posisi kaki di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi posisi kaki di mobil

Selain itu ada satu faktor lagi yang menyebabkan pengemudi salah menginjak pedal. Faktor ini terkait dengan aspek medis seseorang, istilahnya yakni uncoordinated movement atau gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi.

Baca juga: Salah Injak Pedal, Mobil Tabrak Pemotor hingga Tewas

Sebaiknya untuk menhindari kejadian tersebut, usahakan untuk menjaga jarak aman sehingga kejadian di depan pengemudi dapat diantisipasi dengan baik.

"Saran saya jangan mengemudi saat mengantuk atau lelah. Usahakan istirahat dan segarkan diri kembali dengan power nap sebelum melanjutkan perjalanan," kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.