Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil dan Motor Lawas Bisa Pakai BBM Oktan Tinggi, Ini Syaratnya

Kompas.com - 09/01/2022, 11:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sempat ada wacana BBM jenis Premium dan Pertalite bakal dihapus, sebagai bagian dari langkah pemerintah menurunkan emisi gas buang. Untuk gantinya telah tersedia Pertamax maupun Pertamax Turbo yang terkenal punya bilangan oktan tinggi.

Meski begitu, muncul kekhawatiran dari para pemilik kendaraan keluaran lama. Apakah mobil dan motor lawas dengan teknologi mesin yang sederhana, sanggup menenggak BBM oktan tinggi?

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, pakar mesin dari Institut Teknologi Bandung, mengatakan, pada dasarnya mobil dan motor lawas bisa menggunakan bahan bakar dengan RON 92 ke atas.

Baca juga: Alasan Tabrakan Beruntun Kerap Terjadi di Lajur Kanan Jalan Tol

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

Sehingga masyarakat tak perlu khawatir menggunakan BBM RON (Research Octane Number) tinggi, seperti halnya Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Jangan ragu-ragu. Sebab, bukan hanya keluaran terbaru yang bisa menggunakan BBM beroktan tinggi. Kendaraan yang diproduksi tahun 90-an ke bawah pun bisa,” ujar Tri, disitat dari Antara (8/1/2022).

Menurutnya pemakaian BBM dengan RON tinggi hanya membutuhkan dua syarat, yakni kompresi dan timing ignition yang keduanya bisa diatur pada mesin.

Baca juga: Awas, Mobil Dipasang Roof Box Bisa Kena Tilang

Diskon  Rp 250 per liter Pertamax SeriesPertamina Diskon Rp 250 per liter Pertamax Series

"Misal perbandingan kompresi harus naik, berarti silindernya harus dipotong agar lebih pendek. Jika timing ignition tidak cocok, hanya tinggal digeser,” ucap Tri.

Dengan demikian, tambahnya, masyarakat pemilik mobil lama hanya perlu melakukan setting mesin kendaraannya dengan menggunakan cara tersebut.

Untuk melakukan setting hanya perlu dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop, yaitu dengan melakukan scanner untuk mengetahui perubahan perbandingan kompresi.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut, Begini Cara Benar Menghindari Lubang di Jalan Tol

Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.Paultan.org Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

Tri menambahkan, memang sudah saatnya masyarakat beralih menggunakan BBM RON tinggi seperti seri Pertamax.

Baik untuk kendaraan baru maupun kendaraan keluaran lama, pemakaian BBM RON tinggi memang memiliki keunggulan dibandingkan memakai BBM RON rendah.

“Bahan bakar beroktan tinggi akan membuat mesin lebih awet, tidak boros, dan pembakaran mesin tidak menimbulkan banyak polusi. Sebab kinerja mesin menjadi enteng, bisa dirasakan saat mengendarai kendaraan,” kata Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com