Mobil dan Motor Lawas Bisa Pakai BBM Oktan Tinggi, Ini Syaratnya

Kompas.com - 09/01/2022, 11:41 WIB
Toyota Kijang Lintas Generasi KOMPAS.COM/STANLY RAVELToyota Kijang Lintas Generasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sempat ada wacana BBM jenis Premium dan Pertalite bakal dihapus, sebagai bagian dari langkah pemerintah menurunkan emisi gas buang. Untuk gantinya telah tersedia Pertamax maupun Pertamax Turbo yang terkenal punya bilangan oktan tinggi.

Meski begitu, muncul kekhawatiran dari para pemilik kendaraan keluaran lama. Apakah mobil dan motor lawas dengan teknologi mesin yang sederhana, sanggup menenggak BBM oktan tinggi?

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, pakar mesin dari Institut Teknologi Bandung, mengatakan, pada dasarnya mobil dan motor lawas bisa menggunakan bahan bakar dengan RON 92 ke atas.

Baca juga: Alasan Tabrakan Beruntun Kerap Terjadi di Lajur Kanan Jalan Tol

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

Sehingga masyarakat tak perlu khawatir menggunakan BBM RON (Research Octane Number) tinggi, seperti halnya Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Jangan ragu-ragu. Sebab, bukan hanya keluaran terbaru yang bisa menggunakan BBM beroktan tinggi. Kendaraan yang diproduksi tahun 90-an ke bawah pun bisa,” ujar Tri, disitat dari Antara (8/1/2022).

Menurutnya pemakaian BBM dengan RON tinggi hanya membutuhkan dua syarat, yakni kompresi dan timing ignition yang keduanya bisa diatur pada mesin.

Baca juga: Awas, Mobil Dipasang Roof Box Bisa Kena Tilang

Diskon  Rp 250 per liter Pertamax SeriesPertamina Diskon Rp 250 per liter Pertamax Series

"Misal perbandingan kompresi harus naik, berarti silindernya harus dipotong agar lebih pendek. Jika timing ignition tidak cocok, hanya tinggal digeser,” ucap Tri.

Dengan demikian, tambahnya, masyarakat pemilik mobil lama hanya perlu melakukan setting mesin kendaraannya dengan menggunakan cara tersebut.

Untuk melakukan setting hanya perlu dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop, yaitu dengan melakukan scanner untuk mengetahui perubahan perbandingan kompresi.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut, Begini Cara Benar Menghindari Lubang di Jalan Tol

Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.Paultan.org Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

Tri menambahkan, memang sudah saatnya masyarakat beralih menggunakan BBM RON tinggi seperti seri Pertamax.

Baik untuk kendaraan baru maupun kendaraan keluaran lama, pemakaian BBM RON tinggi memang memiliki keunggulan dibandingkan memakai BBM RON rendah.

“Bahan bakar beroktan tinggi akan membuat mesin lebih awet, tidak boros, dan pembakaran mesin tidak menimbulkan banyak polusi. Sebab kinerja mesin menjadi enteng, bisa dirasakan saat mengendarai kendaraan,” kata Tri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.