Ada Bahaya jika Malas Membersihkan Sisa Makanan di Kabin Mobil

Kompas.com - 05/01/2022, 10:42 WIB
Ilustrasi makan di mobil Instagram.com/steakholycowIlustrasi makan di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pergi berlibur bersama keluarga, makanan ringan sampai berat bisa menjadi teman perjalanan. Biasanya, aktivitas ini menyisakan rempah-rempah makanan sisa, bukan sekadar sampah atau bungkus makanan saja.

Jadi, perlu adanya tempat sampah sementara untuk menyimpan sampah sisa-sisa makanan. Selain itu, tak jarang juga remah-remah makanan terjatuh di lantai mobil atau di jok.

Baca juga: Lama Diparkir, Awas Ruang Mesin Mobil Jadi Sarang Tikus

Sampah atau sisa-sisa makanan tersebut sebaiknya segera dibersihkan ketika sampai di tempat tujuan atau saat mobil selesai digunakan.

Ilustrasi tikus.FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi tikus.

Sebab, sisa makanan yang dibiarkan bertahan di dalam mobil dapat memberikan efek buruk terhadap kendaraan. Bukan hanya karena sampah tersebut dapat membusuk dan menyebabkan bau yang tak sedap.

Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, adanya sisa makanan di dalam mobil bisa memancing datangnya hewan, seperti tikus, kecoa, semut, atau serangga lainnya juga berpotensi masuk ke dalam kabin.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut dari Mobil

Membersihkan sisa makanan dari dalam kabin mobil penting dilakukan, karena jika tidak dibersihkan bisa mengundang tikus. Jadi setelah mobil pakai sebaiknya segera dibersihkan agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal,” kata Sigit, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi makan di mobilREUTERS/LIM HUEY TENG Ilustrasi makan di mobil

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, hewan pengerat seperti tikus sangat suka masuk ke bagian mobil seperti ruang mesin atau pun kabin.

Tikus yang masuk ke ruang mesin atau kabin biasanya meninggalkan bekas, seperti kotoran atau sampah. Ini bisa juga mengundang tikus lain untuk datang,” ujar Didi.

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.

Selain itu, yang paling berbahayanya lagi dengan bersarangnya tikus di ruang mesin adalah terancamnya kabel-kabel dari gigitan tikus tersebut. Tentu akan sangat merepotkan jika ada salah satu atau beberapa kabel kelistrikan yang digigit sampai menyebabkan korsleting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.