Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran serangga kecil seperti semut di mobil kerap dialami oleh para pemilik kendaraan bermotor, khususnya pada bagian kabin. Hal tersebut karena suhu mobil yang telatif stabil dari siang sampai malam hari.

Jika terlalu lama dibiarkan, tentu akan mengganggu kenyamanan khususnya apabila mobil digunakan dalam waktu yang lama atau sehari-hari. Oleh sebab itu, penting untuk pemilik mengetahui bagaimana cara mengusirnya.

"Cara pertama, jangan malas membersihkan sela-sela mobil dari berbagai sisa makanan dan minuman, ataupun kotoran lainnya. Semut itu datang banyak dikarenakan aspek tersebut," ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Ganjil Genap Berlanjut, Ini 8 Lokasi Penyekatan di Puncak Bogor

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Pembersihan terkait bisa menggunakan sikat, lap, maupun vacum cleaner dan dibawa ke bengkel perwatan terdekat.

Cara lainnya, pancing semut untuk keluar dari tempat persembunyiannya pakai sisa makanan atau bahan alami seperti gula, kayu manis, dan lain-lain yang sekiranya disukai hewan tersebut.

"Diamkan beberapa jam, lalu cek lagi. Setelah mereka berkumpul di sisa makanan pancingan, ikuti arah mereka membawanya untuk mengetahui letak sarang sang ratu," kata Imansyah.

Anda juga bisa menggunakan buah lemon. Bau lemon adalah salah satu hal yang tidak disukai semut, sehingga mereka akan menghindari sumbernya. Buat cairan lemon, lalu semprotkan pada setiap sudut kabin mobil.

Cara ketiga, gunakan racun serangga berbentuk cair atau bubuk yang dicampur dengan air. Semprotkan racun itu ke sarangnya untuk mendapat hasil maksimal.

Baca juga: PPKM Level 3, Satlantas Solo Kurangi Titik Penutupan Jalan

Auto2000Auto2000 Auto2000

Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan kapur anti semut. Tapi jangan lupa, bersihkan bagian terkait karena kapur mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.

"Bila jumlah semut di mobil Anda tidak terlalu banyak, bisa gunakan penyedot debu sebagai cara mengusir semut di mobil. Membersihkan mobil dari semut dan ceceran remah makanan sangat mudah memakai penyedot debu," ujar dia.

Jika mobil bersih dari sisa makanan maka kemungkinan besar semut tidak akan betah bersarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com