Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Mesin Mobil di Rumah

Kompas.com - 03/06/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTikus merupakan salah satu hewan yang mungkin tinggal bahkan membuat sarang di ruang mesin mobil. Ruang mesin yang gelap dan kadang kotor menjadi tempat favorit tikus untuk tinggal.

Tikus yang tinggal di ruang mesin sebenarnya sangat merugikan pemilik mobil. Tikus kerap menggigit kabel atau komponen yang terbuat dari plastik yang ada di dalam ruang mesin, tentu saja hal ini bisa berujung korsleting atau kerusakan lain.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa cara mencegah tikus tinggal atau bersarang di ruang mesin. Paling mudahnya adalah dengan sering menggunakan mobil, atau paling tidak sering dipanaskan.

Baca juga: Hari Ini dan Besok Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Sistem Buka Tutup

Ruang mesin Toyota HarrierPAULTAN.org Ruang mesin Toyota Harrier

“Kalau kendaraan sering dipakai tentu saja ketika menyalakan mesin, tikus sudah kabur, jadi tidak bersarang,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (2/6/2021).

Kedua, buat ruang mesin dalam kondisi yang bersih. Dengan ruang mesin yang bersih, tikus tidak terlalu suka dan tidak bersarang. Oleh karena itu, ketika servis berkala bisa dilakukan engine care atau pembersihan ruang mesin.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan Awal Juni 2021

“Setelah dibersihkan, nanti bisa disemprot dengan cairan anti-rat, cairan yang khusus anti tikus,” kata Suparna.

Ketiga, dengan membuat garasi mendapatkan sinar yang cukup, tidak terlalu gelap serta bersih. Begitu juga tidak perlu menempatkan barang-barang yang tidak terpakai seperti kardus di garasi, karena bisa jadi tempat tikus bersarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com