PPnBM LCGC Jadi 3 Persen, Harga Honda Brio Satya Bakal Naik

Kompas.com - 03/01/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai tahun ini, mobil di segmen LCGC resmi mendapatkan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Hal ini bakal langsung berdampak pada kenaikan harga.

Seperti salah satunya Honda Brio Satya yang pada saat ini masih ditawarkan dengan harga yang sama seperti Desember 2021.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan secara tersirat, bahwa Brio bakal mengalami kenaikan harga.

Baca juga: Polisi Mesti Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Billy juga mengatakan, harga yang tertera di website saat ini belum diperbarui. Banderol yang berlaku saat ini pun menurutnya tidak mengikat, lantaran aturan baru PPnBM untuk LCGC belum dirilis.

“PPnBM LCGC 3 persen, regulasi detail akan segera keluar menurut informasi yang kami terima,” ujar Billy, kepada Kompas.com Senin (3/1/2022).

“Informasi yang kami dapatkan sudah mendapatkan persetujuan dari kementrian terkait. Kami sedang menunggu dikeluarkan aturannya,” kata dia.

Baca juga: Harga MPV Bekas Awal Tahun, Stream Rp 70 Juta, Ertiga Rp 90 Jutaan

Uji Irit Honda Brio Satyadok.HPM Uji Irit Honda Brio Satya

Sebelumnya, LCGC tidak termasuk dalam daftar sebagai model yang bisa menikmati insentif diskon PPnBM, karena dalam PP 41/2013 segmen tersebut memang sudah diberikan keistimewaan sama, yakni 0 persen.

Namun pada PP No 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM, LCGC dikenakan PPnBM sebesar 3 persen.

Peraturan ini mulai berlaku setelah 2 tahun sejak diundangkan, seharusnya LCGC mulai mengalami kenaikan tarif PPnBM 3 persen mulai 16 Oktober 2021.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Fortuner Ringsek Tabrak Pembatas Jembatan | Perempuan Kena Abu Rokok Pengguna Jalan

Interior Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Interior Honda Brio Satya CVT

Tapi berkat regulasi terbaru, LCGC berhak mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.