Siap-siap Padat, Volume Kendaraan Kembali ke Jabotabek Naik 5,8 Persen

Kompas.com - 03/01/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek selama periode hari H sampai H+1 (1-2/1/2022) sebanyak 335.057 unit.

Jumlah tersebut berasal dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yakni Cikupa (arah Merak), Ciawi (arah Puncak), Cikampek Utama dan Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, total volume lalu lintas yang kembali ke Jabotabek tersebut mengalami kenaikan sebesar 5,8 persen dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 316.634 kendaraan.

Baca juga: Kejadian Lagi, Perempuan Kena Abu Rokok Pengguna Jalan Lain

"Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari empat arah yaitu mayoritas sebanyak 174.641 kendaraan (52,1 peresen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), dari Arah Barat (Merak) 78.962 kendaraan (23,6 persen), dan 81.454 kendaraan (24,3 persen) dari arah Selatan (Puncak)," ucap heru dalam keterangan resminya, Senin (3/1/2022).

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

Sementara untuk rinciannya, lalu lintas arah Timur ke Jabotabek dari Trans Jawa via GT Cikampek Utama sebanyak 92.960 kendaraan, naik 24,5 persen dari kondisi normal.

Dari Bandung yang melintas GT Kalihurip Utama via Tol Cipularang naik 7,4 persen dibanding kondisi normal dengan jumlah 81.681 kendaraan.

Total lalu lintas yang kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung via kedua GT tersebut sebesar 174.641 unit, naik 15.9 persen dari kondisi lalu lintas normal.

Baca juga: Harga MPV Bekas Awal Tahun, Stream Rp 70 Juta, Ertiga Rp 90 Jutaan

Arus lalu lintas di H+1 natal 2021 di gerbang tol Cikampek UtaraPT. Jasa Marga Arus lalu lintas di H+1 natal 2021 di gerbang tol Cikampek Utara

Dari arah Barat atau Merak via Jalan Tol Tangerang-Merak, tercatat sebanyak 78.962 kendaraan atau turun 13,8 persen dari kondisi normal. Untuk kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Selatan atau GT Ciawi via Tol Jagorawi, naik 9,6 persen dengan jumlah 81.454 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.