Kompas.com - 03/01/2022, 11:22 WIB
Aksi pencurian motor (curanmor) terjadi di Jalan Balai Pustaka, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (31/7/2021) pagi, terekam CCTV. DOK. ISTIMEWAAksi pencurian motor (curanmor) terjadi di Jalan Balai Pustaka, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (31/7/2021) pagi, terekam CCTV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah seorang wartawan media online, di Duren Sawit, Jakarta Timur dibobol maling. Sejumlah barang berharga termasuk sepeda motor raib digasak maling.

Sang pemilik mengetahui rumahnya dibobol maling saat pulang ke rumah setelah liburan tahun baru bersama keluarganya dari Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/1/2021) sore.

Berkaca pada kejadian tersebut, maling kerap pengincar rumah yang ditinggal oleh pemilik. Sehingga dengan leluasa melancarkan aksinya.

Baca juga: Meresahkan, Aksi Geng Motor Cirebon Serang Warga dengan Sajam

Meski pada dasarnya tidak ada jaminan motor bakal aman tapi ada beberapa cara untuk menangkal maling, atau setidaknya membuat maling kerepotan saat akan menggasak motor.

Tangkapan layar akun @wargajakarta.id pencurian motor di Jalan U RT 09/15, Palmerah, Jakarta Barat, pada Kamis (27/5/2021).Instagram.com/@wargajakarta.id Tangkapan layar akun @wargajakarta.id pencurian motor di Jalan U RT 09/15, Palmerah, Jakarta Barat, pada Kamis (27/5/2021).

1. Parkir di posisi terdalam

Parkir di tempat yang relatif aman punya pagar bisa menciutkan maling. Selain itu parkir di posisi paling dalam karena saat terhalang motor lain, maling pasti akan berpikir dua kali untuk mengambil motor.

“Biasanya maling akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jadi kalau mau parkir, cari tempat yang mengumpat,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Catat, Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan

2. Kunci setang ke kanan

Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci. Sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.