Agar Tak Celaka, Ini Cara Aman Mengerem Motor Saat Kondisi Jalan Basah

Kompas.com - 02/01/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki awal tahun, beberapa wilayah di Indonesia masih diguyur hujan. Walaupun belum begitu intens, sebagai pengendara Anda tetap harus waspada dengan jalan yang licin, terutama bagi pengguna sepeda motor.

Jika dalam kondisi mendesak sehingga harus tetap berkendara saat hujan, bikers tentu perlu menyiapkan beberapa hal sebelum berkendara.

Diantaranya jas hujan berwarna cerah dengan model baju sendiri dan celana sendiri, bukan jas hujan yang memanjang kebawah, serta menggunakan helm dengan kaca bening untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga: Bos Yamaha Ingin Fokus Kembangkan Motor YZR-M1

Tak hanya itu, biker juga akan dihadapkan pada situasi aspal yang basah dan genangan air di jalanan sehingga pengendalian motor akan berbeda bila dibandingkan saat kondisi jalanan kering dikarenakan kondisi yang basah membuat jalanan terasa lebih licin.

Lantas, bagaimana melakukan pengereman yang aman saat dalam kondisi tersebut?

Perlengkapan bikers saat musim hujanDok. AHM Perlengkapan bikers saat musim hujan

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Alfian Dian Pradana menegaskan, bikers harus paham tugas penting dari ban motor.

Di antaranya, menopang bobot kendaraan, mencengkram dan berputar melintasi permukaan jalan, meredam benturan, dan menyalurkan tenaga mesin menjadi tenaga dorong untuk kendaraan.

Sedangkan ketika kondisi aspal basah, maka tugas ban akan bertambah yaitu menekan dan mengarahkan air keluar dari jalur ban yang mengakibatkan butuh waktu tambahan untuk optimal mengeluarkan air dari jalurnya.

“Waktu tambahan inilah yang harus bikers penuhi agar ban tidak kehilangan cengkraman dari aspal,” ucap Alfian kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2021).

Alfian melanjutkan, berkendara dengan kecepatan rendah sangat membantu ban memiliki waktu untuk mengusir air dari jalur ban. Ia juga menyarankan pengemudi untuk menghindari manuver secara tiba-tiba.

Astra Motor Jateng Astra Motor Jateng Astra Motor Jateng

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.