Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Asal Belok, Perilaku yang Sulit Diubah

Kompas.com - 01/01/2022, 12:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara di Indonesia perlu kesabaran lebih karena banyak pengendara motor yang asal-asalan melakukan manuver. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram.

Pada video tersebut terlihat pengendara motor yang memotong jalur mobil yang mau putar balik. Senggolan pun tidak bisa dihindari, beruntung mobil berjalan dengan kecepatan rendah sehingga pengendara tadi tidak jatuh.

Kebiasaan pengendara yang main asal belok ini juga bisa membahayakan. Tapi sayangnya pengendara banyak yang melakukan hal tersebut dan merasa aman-aman saja.

Baca juga: Bedanya Pengemudi Teredukasi dan Tidak di Jalan Raya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengubah karakter berkendara orang memang agak sulit. Hal ini dikarenakan pada dasarnya hampir semua pengendara di Indonesia belajar motor secara autodidak.

“Jadi hanya mampu dalam mengoperasikan motor namun tidak bisa berkendara secara aman dan beretika di jalan,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Tim Balap Rossi Berubah Jadi Mooney VR46 Racing Team

Kalau dilihat, menurut Agus pengendara yang kelakuannya seperti tadi adalah warga lokal. Jadi dirinya sering lewat jalan tersebut dan belum pernah alami kecelakaan saat lakukan manuver asal-asalan tadi.

“Bagi yang telah atau pernah mengalami kecelakaan pasti akan sedikit waspada dan berhati-hati karena tidak ingin kembali merasakan itu (kecelakaan),” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com