Kendaraan Barang yang Bisa Melintas Saat Pengalihan Arus Libur Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2021, 18:11 WIB
Kemenhub berupaya jaga angkutan barang logistik. DOK. KemenhubKemenhub berupaya jaga angkutan barang logistik.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menuju tahun 2022, Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mobil barang.

Adanya pengalihan ini dilakukan demi menjamin kemanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan selama libur tahun baru 2022. Pengalihan ini berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan dan Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Jadwalnya, arus mudik keluar Jabodetabek mulai tanggal 31 Desember 2021 pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2022 pukul 12.00 WIB.

Arus balik masuk Jabodetabek mulai tanggal 2 Januari 2022 pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 3 Januari 2022 pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Avanza Lane Hogger Bikin Kesal Berjalan Lambat di Sisi Kanan Tol

Kendaraan angkutan barang saat melintasi WIM di gerbang tol Cilegon BaratIstimewa Kendaraan angkutan barang saat melintasi WIM di gerbang tol Cilegon Barat

Kendaraan barang yang dialihkan diatur dalam Surat Edaran Nomor 109 Tahun 2021. Selain itu, ada juga kendaraan barang yang masih bisa melintas jalan tol tersebut selama libur tahun baru 2022.

Berikut ini beberapa kendaraan yang bisa melewati pengalihan arus jalan ton Jakarta-Cikampek-Palimanan dan Cikampek-Padalarang-Cileunyi:

Baca juga: Banyak Mobil Travel Nakal Langgar Batas Ketinggian di Jalan Tol MBZ

1) bahan bakar minyak atau bahan bakar gas;
2) barang ekspor dan impor menuju/dari dan ke pelabuhan laut yang menangani ekspor dan impor;
3) air minum dalam kemasan;
4) ternak;
5) pupuk;
6) hantaran pos dan uang;
7) barang pokok terdiri atas beras; tepung terigu; jagung; gula; sayur dan buah-buahan; daging; ikan; daging unggas; minyak goreng dan mentega; susu; telur; garam; kedelai; bawang; dan cabe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.