Kiprah 10 Tahun Piaggio di Indonesia Berbuah Manis

Kompas.com - 31/12/2021, 07:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia yang membawahi empat merek, yaitu Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi, sudah hadir sejak 2011 silam. Selama satu dekade, sudah banyak model baru meluncur untuk konsumen di Tanah Air.

Sejak awal kehadirannya memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, jenama asal Italia ini terus melangkah dengan pasti. Bukan sekadar menjual sepeda motor, tetapi juga memperluas jaringan penjualan dan layanan purna jual sehingga pelanggan merasa nyaman ketika mengendarai motornya.

Pergerakannya bisa dibilang pelan tapi pasti, terbukti cuma butuh waktu 10 tahun untuk meyakinkan prinsipal berinvestasi di Indonesia.

Alhasil, tercatat pada 9 November 2021 menjadi hari yang penting bagi PT Piaggio Indonesia karena melakukan seremoni pemindahan tanah secara simbolis bertanda dimulainya tahap awal pembangunan tempat perakitan di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: PCI Mau Rakit Lokal Piaggio Ape di Indonesia

Salah satu alasan menarik diungkapkan Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega. Menurut dia, prinsipal melirik Indonesia karena para loyalis khususnya merek Vespa terbesar kedua di dunia, setelah Italia.

Seremonial Tahap Awal Pengembangan Proyek Industri PT Piaggio Indonesiaist Seremonial Tahap Awal Pengembangan Proyek Industri PT Piaggio Indonesia

Maka dari itu, tahap awal proyek ini Piaggio Indonesia akan memfokuskan pada pengembangan merek Vespa, dan model pertama yang dirakit di tempat ini akan meluncur di akhir 2022.

"Dengan adanya pabrik perakitan ini, kami optimistis akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif Indonesia," ucap Marco saat seremoni tahap awal pengembangan proyek industri PT Piaggio Indonesia di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Pabrik tersebut memiliki luas 55.000 meter persegi dan kapasitas produksinya mencapai 10.000 unit per tahun. Tentunya nilai tersebut sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara keempat basis produksi motor Piaggio Group setelah Italia, Vietnam, dan India.

Menperin: RI Siap Jadi Basis Produksi dan Hub Ekspor Sepeda Motor VespaHumas Kemenperin Menperin: RI Siap Jadi Basis Produksi dan Hub Ekspor Sepeda Motor Vespa

Pencapaiannya itu mendapatkan apresiasi dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia mengatakan, pembangunan pabrik Piaggio Indonesia ini merupakan langkah penting bagi Indonesia guna meningkatkan perekonomian nasional, khususnya industri otomotif.

 

“Ini merupakan tahap awalnya, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktifitas partisipasi maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia di Indonesia. Ini tentu akan menjadi komitmen kita bersama untuk mengawal investasi ini,” tutur Agus.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.