Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu, Fungsi Utama Sun Visor pada Mobil

Kompas.com - 30/12/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, Kompas.com— Sun visor menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil. Terletak di bagian atas jendela utama. Benda pipih ini memiliki dua sisi, kanan dan kiri.

Biasanya, sisi pertama tanpa cermin, lainnya memiliki cermin.

Pada bagian sisi sun visor yang terdapat cermin, cendrung wanita gunakan untuk merias diri. Namun, fungsi utama dari sun vison bukanlah dirancang untuk penunjang penampilan.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan jika fungsi bagian kaca sun vison sebagai cermin pangemudi mobil. Namun fungsi utama sun vision adalah untuk melidungi mata pengemudi saat mengendarai mobil.

Baca juga: Kenali Letak Ban Serep, Tiap Mobil Berbeda-beda

“Sun visor vanity miror memang berguna sebagai kaca saat diperlukan untuk make up di mobil. Bahkan, beberapa mobil melengkapinya dengan lampu. Namun fungsi utama sun visor adalah mengurangi efek silau saat mengemudi mengarah ke matahari,” katanya pada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Kehadiran sun visor memang dirancang sebagai pelindung penglihatan pengendara agar tidak terganggu sinar martahari. Cahaya matahari yang berpontesi mengganggu mata dapat di redam dengan sun visor.

Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobilUnsplash/Albert Vincent Wu Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil

Maka dari itu, benda ini cocok digunakan saat berkendara saat terik matahari siang. Tidak hanya untuk pengemudi wanita, namun pengemudi pria juga kerap menggunakan kaca sun visor. Mulai dari untuk memeriksa tampilan wajah, tampilan rambut hingga memeriksa kebersihan gigi.

Tak ada yang salah jika lebih banyak yang menggunakan benda ini sebagai kaca untuk menata tampilan. Namun akan lebih bijak, menggunakannya sebagai cermin jika mobil sudah parkir.

“Namun perlu dipastikan saat menggunakan make up jika mobil telah terparkir,” kata Roslianna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.